Kompas.com - 28/04/2013, 11:50 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

Oik Yusuf/KompasTekno Salah satu tawaran produk tablet Windows 8 dari Acer


KOMPAS.com - Pertumbuhan angka pengiriman tablet bersistem operasi Android dan Windows mulai mengikis pangsa pasar perangkat iPad buatan Apple, menurut laporan Strategy Analytics tentang pengiriman tablet secara global pada kuartal pertama 2013.

Seperti dikutip dari PC World, secara tahun ke tahun, pengiriman tablet bersistem operasi iOS mengalami pertumbuhan dari 11,8 juta unit pada kuartal pertama 2012 menjadi 19,5 juta unit pada kuartal pertama 2013.

Namun, dalam periode yang sama, pangsa pasar iPad secara global justru menyusut dari 63,1 persen menjadi 48,2 persen.

Menurut data Strategy Analytics, tablet Android mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Tablet Android mencatat pengiriman 17,6 juta unit pada kuartal pertama 2013, dengan meraih pangsa pasar 43,4 persen. Sementara tablet Windows terkirim sebanyak 3 juta unit atau 7,5 persen dari keseluruhan pangsa pasar global.

Pengiriman tablet Android dan Windows ini jelas mulai mengancam posisi iPad. Karena sebelumnya, pada kuartal pertama 2012, tablet Android dan Windows masing-masing memiliki pangsa sebesar 34,2 persen dan 0 persen.

Kemajuan teknologi perangkat lunak mobile yang meningkatkan kapabilitas tablet Android dan Windows secara perlahan mampu bersaing langsung dengan iPad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Produk-produk semacam Dell XPS 10 dan Samsung Galaxy Tab, misalnya, memanfaatkan prosesor Snapdragon S4 dari Qualcomm yang memberi efisiensi daya tinggi sekaligus penggunaan ruang minimal dengan desain all-in-one.

Saat ini iPad masih memimpin pasar tablet karena menjadi pionir dan mempelopori jenis perangkat ini di pasar global. Akan tetapi, pangsa pasar perangkat itu telah menurun drastis dari 90 persen pada dua tahun lalu menjadi kurang dari 50 persen pada kuartal pertama tahun ini.

Para analis memperkirakan tren ini akan terus berlanjut seiring dengan bertambahnya tablet Windows dan peningkatan kualitas tablet Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.