Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Untung Besar dari Ponsel Galaxy

Kompas.com - 28/04/2013, 17:24 WIB

Baz Ratner/Reuters Samsung

KOMPAS.com - Samsung mencatat laba kuartal pertama tahun 2013 sebagai rekor tertinggi sepanjang sejarah laporan keuangan perusahaan dalam tiga bulanan. Pendapatan Samsung di kuartal ini paling banyak disumbang dari bisnis ponsel pintar seri Galaxy.

Dalam laporan keuangan, Jumat (26/4/2013), laba bersih Samsung naik menjadi 7,15 triliun won Korea Selatan (atau 64 juta dollar AS) dalam tiga bulan pertama 2013 yang berakhir pada 31 Maret lalu. Laba bersih ini naik dari 5,05 triliun won pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Kesuksesan diraih berkat ponsel seri Galaxy yang memakai sistem operasi Android. Perusahaan Korea Selatan ini membanjiri pasar dengan beragam model ponsel, serta mengisi kesenjangan harga di pasar.

Laba dari divisi mobile Samsung melonjak 56 persen ke rekor 6,51 triliun won pada kuartal pertama 2013. Samsung tidak mengungkap berapa banyak ponsel yang dikirim pada kuartal itu. Namun menurut beberapa analis kepada Reuters, Samsung mengirim 68 juta sampai 70 juta ponsel pada kuartal pertama 2013.

Secara keseluruhan penjualan Samsung naik 17 persen menjadi 52,9 triliun won. Laba operasional juga naik 54 persen menjadi 8,8 triliun won.

Hasil yang bagus di bisnis ponsel membantu mengimbangi turunnya permintaan dalam bisnis televisi, begitu juga dengan bisnis komponen panel layar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com