Kompas.com - 28/04/2013, 17:24 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

Baz Ratner/Reuters Samsung

KOMPAS.com - Samsung mencatat laba kuartal pertama tahun 2013 sebagai rekor tertinggi sepanjang sejarah laporan keuangan perusahaan dalam tiga bulanan. Pendapatan Samsung di kuartal ini paling banyak disumbang dari bisnis ponsel pintar seri Galaxy.

Dalam laporan keuangan, Jumat (26/4/2013), laba bersih Samsung naik menjadi 7,15 triliun won Korea Selatan (atau 64 juta dollar AS) dalam tiga bulan pertama 2013 yang berakhir pada 31 Maret lalu. Laba bersih ini naik dari 5,05 triliun won pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Kesuksesan diraih berkat ponsel seri Galaxy yang memakai sistem operasi Android. Perusahaan Korea Selatan ini membanjiri pasar dengan beragam model ponsel, serta mengisi kesenjangan harga di pasar.

Laba dari divisi mobile Samsung melonjak 56 persen ke rekor 6,51 triliun won pada kuartal pertama 2013. Samsung tidak mengungkap berapa banyak ponsel yang dikirim pada kuartal itu. Namun menurut beberapa analis kepada Reuters, Samsung mengirim 68 juta sampai 70 juta ponsel pada kuartal pertama 2013.

Secara keseluruhan penjualan Samsung naik 17 persen menjadi 52,9 triliun won. Laba operasional juga naik 54 persen menjadi 8,8 triliun won.

Hasil yang bagus di bisnis ponsel membantu mengimbangi turunnya permintaan dalam bisnis televisi, begitu juga dengan bisnis komponen panel layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.