Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PASAR MODAL

Ekonomi AS Tumbuh di Bawah Ekspektasi

Kompas.com - 29/04/2013, 07:59 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perekonomian Amerika Serikat pada triwulan pertama 2013 tumbuh sekitar 2,5 persen dibanding periode sama tahun lalu atau 0,4 persen dibanding triwulan sebelumnya.

Raihan itu di bawah ekspektasi para analis yang memperkirakan tumbuh 3 persen dibanding periode sama tahun lalu. Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia di Jakarta, Senin (29/4/2013), penurunan pertumbuhan terutama karena turunnya pengeluaran untuk pertahanan akibat pemangkasan anggaran otomatis.

Pengeluaran konsumen masih menyumbang sekitar 70 persen dari Produk Domestik Bruto, meningkat 3,8 persen YOY, tertinggi sejak triwulan keempat tahun 2010. Sementara itu keyakinan konsumen April tercatat turun menjadi 76,4 dari 78,6 pada Maret.

Tingkat tabungan juga turun dari 4,7 persen pada triwulan keempat tahun lalu menjadi 2,6 persen pada triwulan pertama 2013, terendah dalam tiga bulan terakhir.

Tingkat inflasi juga melambat hanya 0,9 persen YOY pada triwulan pertama tahun 2013 dari 1,6 persen YOY triwulan pertama 2012. The Fed menargetkan angka inflasi terjaga di 2 persen. Ekonomi AS diperkirakan melambat 0,6 persen untuk tahun 2013 ini karena efek sequestration (pemangkasan anggaran secara otomatis).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com