Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bikin Aplikasi "Windows Phone" di Android

Kompas.com - 29/04/2013, 08:21 WIB

Nokia Nokia Lumia 720


KOMPAS.com - Microsoft agaknya memandang serius soal ketersediaan aplikasi di sebuah platform sebagai salah satu faktor yang menarik pengguna smartphone.

Raksasa software ini berkesimpulan bahwa para pengguna Android dapat dibikin beralih ke Windows Phone 8 -- platform kepunyaan Microsoft sendiri -- asalkan mereka bisa menemukan aplikasi yang sama atau mirip dengan yang biasa dipakai.

Maka Microsoft pun memperkenalkan sebuah aplikasi Android berjudul "Switch to Windows Phone".

Sesuai namanya itu, aplikasi tersebut bertujuan membantu pengguna Android yang ingin beralih ke Windows Phone 8. Caranya adalah dengan mencarikan aplikasi pada Windows Phone 8 yang bisa menggantikan aplikasi pada platform lama (Android).

Sebagaimana dikutip dari CiteWorld, aplikasi ini akan mencatat semua program yang terpasang di sebuah perangkat Android lalu mengirim daftarnya ke layanan Microsoft SkyDrive.  

Ketika pengguna melakukan login ke akun SkyDrive melalui "Switch to Windows Phone" di perangkat Windows Phone 8, aplikasi tersebut akan mencarikan rangkaian judul program yang sama dengan yang biasa dipakai di perangkat Android.

Jika judul yang sama tidak ditemukan di antara 135.000 aplikasi Windows Phone Store yang sudah ada, maka "Switch to Windows Phone" akan merekomendasikan aplikasi lain yang memiliki fungsi semirip mungkin.

Dalam mencarikan program alternatif tersebut, "Switch to Windows Phone" memakai engine dari firma pencarian aplikasi Quixey untuk menelusuri deskripsi, ulasan, laporan masalah, dan metadata lainnya tentang aplikasi yang bersangkutan.

Laporan CiteWorld menyebutkan "Switch to Windows Phone" bakal dirilis pada 24 April, tapi hingga berita ini ditulis, aplikasi tersebut belum bisa ditemukan di marketplace resmi Android, Google Play Store.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com