Sulitkah Mereparasi Samsung Galaxy S4?

Kompas.com - 29/04/2013, 10:44 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Smartphone Android terbaru Samsung relatif mudah untuk diperbaiki. Salah satu faktor yang mempermudah teknisi untuk mereparasi perangkat tersebut adalah keputusan Samsung yang mengizinkan para konsumennya melepas baterai dengan mudah (removable battery).

iFixit, spesialisasi pemandu reparasi perangkat mobile, yang telah membedah Samsung Galaxy S4, memberikan angka 8 dari 10 untuk masalah repairability (perbaikan). Semakin tinggi nilainya, semakin mudah sebuah produk untuk diperbaiki.

Menurut iFixit, salah satu kelebihan dari Samsung Galaxy S4 adalah kemudahan dalam penggantian komponen baterai. Samsung memang mengizinkan semua penggunanya untuk memasang dan melepas baterai, tanpa perlu bantuan alat apa pun.
galaxys4-2

(gambar: iFixit)

Biasanya, apabila baterai mudah dilepas, teknisi akan lebih mudah membuka casing sebuah perangkat dan mengakses komponen internalnya.

Sekadar informasi, baterai dari perangkat smartphone premium yang beredar belakangan ini biasanya tidak bisa dibongkar pasang dengan mudah. Hal tersebut dapat terjadi karena biasanya pihak produsen merekatkan baterai ke casing produk. Beberapa contoh produk yang sulit dilepas baterainya adalah HTC One, Sony Xperia Z, dan Apple iPhone 5.

Selain itu, Galaxy S4 juga sangat mudah untuk dibuka. Akses menuju komponen internal juga tidaklah terlalu sulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, ada beberapa kekurangan dari Galaxy S4 dari sisi pekerjaaan perbaikan. Ternyata, pada bagian layar, Samsung menyatukan layar dan juga bagian frame dari layar tersebut. Penggabungan ini dinilai akan meningkatkan biaya perbaikan karena apabila ada satu bagian yang rusak, maka konsumen harus membayar untuk dua bagian tersebut sekaligus.

galaxys4-1

(gambar: iFixit)

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.