Kompas.com - 30/04/2013, 06:25 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

HP HP Slate 7

KOMPAS.com - Produsen komputer Hewlett-Packard (HP) ingin serius dalam meraih pangsa pasar di bisnis tablet Android. Tablet Android pertamanya, yakni HP Slate 7, dibanderol dengan harga murah agar dapat bersaing di pasar global.

Setelah diumumkan pada akhir Februari 2013, Slate 7 resmi dijual di kawasan Amerika Serikat sejak akhir April lalu. Tablet ini dibanderol dengan harga 169 dollar AS atau sekitar Rp 1,65 juta. Harganya lebih murah ketimbang Asus Google Nexus 7 yang dihargai 199 dollar AS untuk versi 8GB plus WiFi.

Namun perlu diingat, harga Nexus 7 di Amerika Serikat bisa semurah itu karena diberikan subsidi oleh Google. Sementara di negara lain Google tidak memberi subsidi. Nexus 7 yang masuk pasar Indonesia adalah versi 16GB plus WiFi dan dihargai sekitar Rp 3 juta.

Rentang harga HP Slate 7 ini berarti akan sama dengan tablet Android besutan Asus, MeMo Pad ME172V dan Acer, Iconia B1-A71. Asus Memopad di Indonesia dan Acer Iconia dibanderol Rp 1,7 juta.

Tablet Slate 7 dari HP mengusung desain 7 inci dengan resolusi layar 1.024 x 600 pixel. Ia memakai prosesor dual-core 1,6GHz, RAM 1GB dan memori internal 8GB. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean).

Kamera belakangnya mempunyai sensor 3MP dan kamera depan VGA. Ia tidak menyediakan slot SIM card. Konektivitasnya mendukung jaringan WiFi, Bluetooth, dan tersedia slot MicroSD untuk memperluas media penyimpanan data.

Belum diketahui kapan HP akan memasarkan Slate 7 di Indonesia, begitu juga harganya. Di Eropa, produk ini rencananya mulai dipasarkan pada Juni 2013. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.