Kompas.com - 30/04/2013, 07:35 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

The Verge Google Now di iPhone

KOMPAS.com - Fitur perintah suara Siri yang ada di iPhone dan iPad kini punya penantang. Google resmi merilis fitur perintah suara Google Now yang tersedia dalam pembaruan aplikasi Google Search untuk iPhone dan iPad, Senin (29/4/2013).

Langkah ini menunjukan keseriusan Google mengembangkan teknologi pencarian konten di internet yang diperintah melalui suara manusia. Ia akan mencari konten yang relevan menggunakan mesin pencari internet Google. Konten itu bisa berupa situs web, berita dan artikel, foto, video, peta digital, sampai buku.

Lebih dari Siri, Google Now menawarkan apa yang disebut sebagai predictive searching. Kemampuan Google Now yang paling menarik adalah, ia bisa menampilkan informasi yang dibutuhkan tepat saat pengguna membutuhkannya.

Maksudnya bagaimana? Contohnya, saat pengguna akan berangkat kerja, Google Now otomatis akan menampilkan informasi lalu lintas yang dibutuhkan.

Namun, saat KompasTekno hendak menjajal fitur Google Now dengan iPhone, layanan ini belum tersedia untuk kawasan Indonesia. Jika ingin mencobanya, maka unduhlah Google Search dengan akun AppleID dari negara lain, misalnya Amerika Serikat.

Google Now belum tersedia untuk kawasan Indonesia

Seperti dikutip dari AllThingsD, Google Now di iPhone dan iPad masih terasa "miskin fitur" dibandingkan versi Android. Hal itu karena, walau bagaimanapun, ada hal yang dibatasi oleh Apple. Sementara Google bebas mengeksplorasi semua fitur yang ada di Android.

Google terus mengembangkan Google Now agar bisa berjalan baik untuk memantau keadaan lalu lintas, berita dan skor pertandingan olahraga, informasi tempat wisata, sampai mengingatkan aktivitas sehari-hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.