Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Perkuat Jaringan di Jateng dan Yogya

Kompas.com - 30/04/2013, 09:40 WIB

Dokumentasi XL Axiata Dari kiri ke kanan: GM Sales XL DIY & Jateng Djie Yannes, VP XL Account PT. Ericsson Indonesia David Hagerbro, VP Central Region XL Nuruddin Al Fithroh, dan VP Project Management Officer XL Agus Simorangkir

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata melakukan modernisasi jaringan di area Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Modernisasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan, baik telepon, SMS, sampai data (internet).

Proses modernisasi jaringan akan berlangsung mulai 27 April hingga akhir 2013, dimulai dari Solo kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

XL akan melakukan perbaikan desain, mengganti perangkat, penalaan, dan optimisasi jaringan. Untuk penggantian perangkat dilakukan dengan melakukan modernisasi 954 RBS (Radio Base Station) 2G yang sudah ada di suatu lokasi, serta mengganti 1.080 RBS 3G lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.

Pada modernisasi jaringan ini juga dilakukan penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN” sehingga menjadi lebih hemat tempat dan praktis dalam mengoperasikannya.

Di tengah proses modernisasi jaringan, tidak menutup kemungkinan layanan XL akan mengalami gangguan di beberapa lokasi secara bergantian. Hal ini biasa terjadi dalam proses modernisasi jaringan karena ada pergantian perangkat telekomunikasi.

VP Central Region XL Axiata, Nuruddin Al Fithroh mengatakan, modernisasi jaringan harus dilakukan karena kebutuhan pelanggan terus meningkat untuk semua jenis layanan. "Modernisasi ini sekaligus mengantisipasi atas terus meningkatnya akses pelanggan pada layanan data di mana pelanggan membutuhkan kecepatan maupun sinyal yang stabil," kata Nuruddin dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Senin (29/4/2013).

Saat ini jumlah pelanggan XL di seluruh Jawa Tengah dan DIY sudah lebih dari 8,2 juta, yang ditopang oleh 4.693 BTS 2G/3G. Jangkauan pelayanan XL diklaim sudah menjangkau area kecamatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com