Kompas.com - 30/04/2013, 10:27 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Fitur Motion-sensing atau deteksi gestur gerakan tangan sebagai mekanisme input sebenarnya bukan barang baru. Cara ini pun dipakai di gadget mobile terkini, seperti Galaxy S4 dari Samsung.

Biasanya motion-sensing mendeteksi gerakan melalui unit kamera khusus sehingga hanya gadget tertentu saja yang bisa melengkapi diri dengan fitur tersebut. Namun, dengan aksesori berbentuk gelang dari Thalmic Labs ini, semua gadget bisa dikontrol dengan gestur gerakan tangan serta lengan.

Caranya, gelang pengontrol gadget yang bernama "MYO"  itu mendeteksi impuls listrik dari otot-otot tangan pemakainya. Impuls listrik inilah yang kemudian diterjemahkan sebagai input dan dihantarkan secara wireless ke gadget penerima.

Selain itu, MYO juga mendeteksi gerakan tangan, termasuk rotasi ke segala arah, bahkan hingga ke gerakan tiap-tiap jari.

MYO dikenakan di sekitar pergelangan tangan dan bisa dipakai untuk mengontol berbagai macam alat, termasuk komputer dan ponsel. Gelang MYO dan perangkat yang dikendalikan tersambung melalui koneksi Bluetooth.

Thalmic Labs yang berbasis di Waterloo, Kanada ini berencana merilis MYO seharga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1.450.000 pada awal tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.