"Jeroan" Google Glass Mirip Motorola Droid Bionic

Kompas.com - 30/04/2013, 11:24 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Keterangan mengenai spesifikasi teknis Google Glass sebenarnya telah beredar beberapa waktu lalu, tapi ketika itu ada dua komponen yang belum diketahui, yaitu prosesor dan kapasitas memori.

Nah, duet orang hacker Jay Lee dan Liam McLoughlin berhasil mengungkap identitas dua hardware tersebut dengan menjalankan Android Debug Bridge (ADB) di Google Glass.

Kacamata pintar dari Google ini ternyata memakai prosesor dual-core Texas Instrument OMAP 4430 dengan RAM sebesar 682 MB. Sistem operasinya adalah Android 4.0.4.

Tidak semua informasi mengenai dua komponen itu berhasil dikuak. Lee mengaku kesulitan mengetahui clockspeed dari prosesor milik Google Glass, lalu jumlah RAM disebutnya mungkin lebih mendekati 1GB.

Prosesor TI OMAP 4430 memiliki frekuensi kerja resmi sebesar 1,2 GHz, tetapi ada kemungkinan angka tersebut diturunkan oleh Google untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Spesifikasi ini, seperti dikutip dari Geek.com, mirip dengan smartphone Droid Bionic dari Motorola. Boleh jadi pula, Google Glass dibangun menggunakan komponen-komponen yang sama dengan ponsel pintar yang diakuisisi oleh Google tersebut.

Droid Bionic sebenarnya produk Motorola lawas yang diluncurkan pada tahun 2011 silam. Apakah Google Glass menggunakan komponen sisa dari smartphone ini?

Yang tak kalah menarik, McLoughlin mengatakan bahwa Google Glass bisa di-root dengan mudah, cukup dengan menggeser switch "debug mode" dan memasukkan perintah reboot bootloader.

 

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X