Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Jual Obligasi, Bursa AS Melaju

Kompas.com - 01/05/2013, 07:43 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Wall Street naik pada Selasa (30/4/2013) waktu setempat (Rabu pagi WIB), di tengah data kuat pada laporan perumahan dan kepercayaan konsumen serta penjualan obligasi Apple sebesar 17 miliar dolar AS disambut para investor.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 21,05 poin (0,14 persen) menjadi 14.839,80 Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 3,96 poin (0,25 persen) pada 1.597,57, sebuah penutupan tertinggi selama ini. Indeks komposit saham teknologi Nasdaq naik 21,77 poin (0,66 persen) menjadi 3.328,79.

Indeks bulanan harga perumahan kota Case-Shiller menunjukkan bahwa harga naik 1,2 persen disesuaikan secara musiman di 20 pasar perkotaan terbesar, sebuah tanda baru pemulihan di pasar perumahan.

Para investor juga dibesarkan hati oleh kenaikan kuat indeks kepercayaan konsumen dari lembaga riset swasta Conference Baord’s pada April, menjadi 68,1 poin dari revisi 61,9 pada Maret.

Apple melaporkan penawaran obligasi 17 miliar dollar AS, salah satu yang terbesar yang pernah dilakukan perusahaan AS, menghasilkan minat beli besar. Saham Apple, perusahaan teknologi terbesar, naik 2,9 persen.

Salah satu alasan kenaikan pasar tidak lebih menonjol adalah minggu-minggu kalender ekonomi yang berat, kata Steven Rosen, kepala  perdagangan ekuitas di Societe Generale.

Federal Reserve atau bank sentral AS dan Bank Sentral Eropa (ECB) melakukan pertemuan kebijakan pada pekan ini. Departemen Tenaga Kerja AS merilis laporan pekerjaan bulanan pada Jumat.

"Ada terlalu banyak berita keluar di kemudian hari dalam seminggu ini untuk menjadi penggerak besar sekarang," kata Rosen.

Anggota Dow, Pfizer jatuh 4,5 persen setelah melaporkan penurunan 9,0 persen pada pendapatan tahun-ke-tahun karena beberapa obat utama bergeser ke status generik. Perusahaan juga memangkas prospek laba 2013.

Sirius XM Radio naik 5,9 persen setelah mengumumkan 450.000 lebih pelanggan baru dan rekor pendapatan. Perusahaan juga mengatakan pejabat kepala eksekutif James Meyer telah ditunjuk sebagai CEO.

Asuransi kesehatan Aetna naik 2,3 persen setelah melaporkan keanggotaan yang lebih tinggi dan meningkatkan proyeksi laba operasi pada 2013.

Pengecer elektronik Best Buy melonjak 7,4 persen setelah mengumumkan penjualan dari kepemilikan bersamanya di Best Buy Eropa kepada mitra Carphone Warehouse.

Produsen emas dan tembaga Newmont Mining turun 4,6 persen setelah melaporkan produksi lebih rendah pada kuartal pertama. Produksi emas turun lebih dari 13 persen dari periode yang sama tahun lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com