Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Jatuh Galaxy S4 Vs iPhone 5, Mana Lebih Kuat?

Kompas.com - 01/05/2013, 16:50 WIB

KOMPAS.com - Performa dari smartphone teranyar Samsung, Galaxy S4, bisa dikatakan jauh melebihi smartphone milik Apple, iPhone 5. Ini berdasarkan aplikasi benchmark Geekbench 2, Samsung Galaxy S4 berhasil unggul jauh dari iPhone 5 dengan skor 3.163.

Adapun nilai yang didapatkan oleh iPhone 5 di pengujian ini hanya ada di angka 1.596.

Dari hasil benchmark tersebut, terlihat Galaxy S4 memang mampu mengungguli iPhone 5 dari segi perfoma. Namun, berdasarkan sebuah tes jatuh (drop test) yang dilakukan oleh situs TechSmartt, diketahui bahwa iPhone 5 lebih tangguh dibandingkan Samsung Galaxy S4.

Tes jatuh tersebut dilakukan beberapa kali dari ketinggian yang berbeda. Untuk tes ini, situs tersebut menggunakan tiga buah kamera sekaligus, yaitu kamera yang diarahkan ke si penguji, sebuah kamera GoPro yang ditaruh di aspal, dan kamera masing-masing perangkat.

Sekadar informasi, kedua perangkat tersebut masih sama-sama dalam keadaan baru.

Pengujian pertama dilakukan dari ketinggian sekitar saku celana orang dewasa. Pengujian dari ketinggian ini seperti ingin memperlihatkan, bagaimana jika perangkat terjatuh apabila dikeluarkan dari saku celana.

Hasilnya, kedua perangkat tersebut tidak mengalami kerusakan apa pun, keduanya masih bisa bekerja dengan baik. Tidak terlihat ada goresan yang terlalu berarti di bagian body Galaxy S4. Sedangkan di iPhone 5, terlihat cat casing sedikit terkelupas.

Pengujian kedua dilakukan dari ketinggian sekitar dada. Ini merepresentasikan kegiatan pengguna saat sedang mengetik SMS atau sedang chatting. Pengujian kedua ini pun tidak mengakibatkan kerusakan yang berarti bagi kedua perangkat.

Nah, baru di pengujian ketiga, tes jatuh ini berdampak besar bagi salah satu dari perangkat ini. Dijatuhkan dari ketinggian sekitar 7 kaki atau sekitar 2 meter, bagian bawah layar Samsung Galaxy S4 mengalami keretakan yang cukup parah. Sedangkan untuk iPhone 5, hanya terjadi sedikit "luka" di bagian casing. Layar perangkat tersebut tetap mulus.

Hebatnya, kedua perangkat ini masih dapat bekerja dengan baik.

Ingin lebih ekstrim lagi, si penguji membawa kedua perangkat tersebut ke ketinggian 10 kaki atau setinggi lantai 1 sebuah bangunan.

Pada pengujian kali ini, Samsung Galaxy S4 gagal menunjukkan kekekuatannya. Perangkat ini retak di bagian atas layar. Hal tersebut diperparah dengan berhenti beroperasinya atau matinya perangkat tersebut.

Bagaimana dengan iPhone 5? Tidak terjadi kerusakan yang berarti, hanya ada sedikit retak di bagian bawah layar dan bagian belakang perangkat.

Tidak puas dengan kondisi tersebut, si penguji kembali melempar iPhone 5 dari posisi yang sama. Hasilnya, iPhone 5 tetap mampu bertahan dengan baik.

Sebagai tahap pengujian terakhir, penguji menggilas produk ini dengan menggunakan sebuah mobil sedan. Hasilnya? Walaupun tidak didesain untuk kejadian ekstrim, perangkat iPhone 5 mampu menunjukkan ketangguhannya. Bagian layar iPhone 5 terlihat tetap mulus dan perangkat tersebut mampu bekerja dengan baik. 

Dari hasil tes, terlihat iPhone 5 memang lebih tangguh dibandingkan Samsung Galaxy S4. Namun, satu hal yang harus dicatat, keduanya tidak didesain untuk kondisi ekstrim, sehingga hasil dari tes tersebut akan sangat jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 

Techsmartt
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com