Kompas.com - 02/05/2013, 08:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Upaya Microsoft untuk meningkatkan pangsa pasar sistem operasi mobile Windows Phone mulai menunjukkan hasil. Perlahan tapi pasti, pangsa pasar sistem operasi tersebut terus meningkat.

Menurut Kantar Worldpanel, hasil survei menyatakan pangsa pasar sistem operasi milik Windows Phone berhasil mencatat angka 5,6 persen di kuartal pertama tahun 2013. Nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 1,9 persen, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2012 (year-on-year).

Ya, mungkin pangsa pasar milik Windows Phone memang masih terlihat kecil. Namun, nilai tersebut memperlihatkan, banyaknya konsumen yang mulai berpaling ke sistem operasi tersebut.

"Saat iOS dan Android terus bertarung untuk merebut gelar OS smartphone terbaik, kita melihat pertumbuhan Windows yang terus-menerus dari tahun lalu, dan saat ini (Windows) telah mencapai penjualan tertinggi," kata Mary-Ann Parlato, analis dari Kantar Worldpanel ComTech, seperti dikutip dari BGR, Rabu (1/5/2013).

Peningkatan pangsa pasar yang dialami oleh Windows Phone sebagian besar dipengaruhi oleh pengguna yang baru pertama kali menggunakan smartphone (first time user). Berdasarkan hasil survei, sekitar 52 persen pengguna baru Windows Phone merupakan konsumen yang baru pertama kali menggunakan smartphone.

"Kekuatan Windows tampaknya disebabkan oleh kemampuan untuk menarik pengguna pertama smartphone, yang memperbarui (upgrade) perangkat dari feature phone," lanjut Parlato.

Adapun sistem operasi mobile buatan Google, Android, masih mendominasi pasar smartphone. Perangkat berbasis Android berhasil menguasai 49,3 persen dari keseluruhan penjualan smartphone secara global. Nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 1,4 persen dari kuartal sebelumnya.

Bagaimana dengan penguasa "big two" smartphone lainnya, Apple iPhone? Pangsa pasar milik Apple iPhone mengalami sedikit penurunan. iPhone menguasai 43,7 persen pangsa pasar kuartal pertama tahun 2013, turun dari 44,6 persen pada kuartal sebelumnya.

Kira-kira, di masa yang akan datang, mampukah Windows Phone mengejar atau setidaknya mendekati pangsa pasar iOS dan Android? Kita tunggu saja. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.