Aplikasi "Chat" Line Mulai Kuasai Eropa

Kompas.com - 02/05/2013, 11:13 WIB
EditorReza Wahyudi

NHN

KOMPAS.com - Popularitas aplikasi mobile messenger Line meningkat begitu pesat hanya dalam hitungan bulan. Aplikasi yang dibangun di Jepang tersebut telah menyentuh angka unduhan lebih dari 150 juta kali pada 1 Mei 2013.

Sekadar informasi, aplikasi ini baru memperoleh 100 juta pengguna pada akhir Januari 2013 lalu. Artinya, hanya dalam waktu 3 bulan saja, Line berhasil mendapatkan 50 juta pengguna baru.

Dari mana saja 50 juta pengguna baru tersebut berasal? Dikutip dari The Next Web, Kamis (2/5/2013), pengguna baru Line ternyata tidak hanya didominasi oleh orang yang berasal dari Asia saja, melainkan sudah menyebar ke belahan Eropa dan Amerika Latin. Baru-baru ini pun, Line sudah mulai beroperasi di benua Afrika.

Salah satu negara di Eropa yang mulai banyak mengadopsi Line adalah Spanyol. Awalnya, para pengguna ponsel di negara tersebut lebih bergantung ke aplikasi WhatsApp. Sekitar 90 persen pangsa pasar berhasil direbut oleh aplikasi WhatsApp.

Namun, berkat berbagai strategi marketing, termasuk iklan TV, aplikasi Line berhasil menggaet 11 juta pengguna di negara tersebut.

Selain di Spanyol, popularitas aplikasi yang besar di Asia tersebut mulai menyebar ke negara Meksiko, dan negara Amerika Latin lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa yang membuat Line mampu "merebut" pengguna WhatsApp di negara tersebut? Salah satu kekuatan Line adalah tersedianya berbagai sticker, semacam emoticon dengan karakter kartun yang berukuran besar, lebih ekspresif dan juga lucu-lucu. Aplikasi ini juga mengizinkan para penggunanya untuk menelepon sesama pengguna dengan gratis, tanpa memerlukan pulsa.

Kedua fitur tersebut sayangnya belum tersedia di WhatsApp.

Aplikasi Line sendiri hadir secara multiplatform, yaitu di perangkat berbasis iOS, Android, Windows, Phone, BlackBerry, dan Nokia Asha. Aplikasi ini juga sudah tersedia dalam 12 bahasa.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.