Kompas.com - 02/05/2013, 11:34 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi untuk setiap penjualan perangkat Android, Microsoft ikut mendapatkan bagi hasil. Ini berkat paten milik Microsoft yang digunakan di sistem operasi besutan Google tersebut.

Pundi-pundi yang diraup Microsoft dari royalti Android tersebut ternyata tak kecil nilainya.

Berdasarkan laporan dari lembaga riset Trefis seperti dikutip dari DigitalTrends, tahun lalu Microsoft telah membawa pulang uang 790 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,6 triliun. Nilai yang sangat fantastis ini hanya didapat dari perangkat Android yang dijual HTC dan Samsung.

Lembaga riset lain, Gartner pun telah berhitung, jika Microsoft menerima 1 dollar AS dari setiap 50 persen perangkat Android yang terjual, maka perusahaan tersebut minimal akan menerima 430 juta dollar AS atau sekitar Rp 4 triliun, tahun 2013 ini.

Itu untuk hitungan 1 dollar AS. Jika Microsoft menerima 8 dollar untuk tiap perangkat Android, nilainya akan membengkak menjadi 3,4 miliar dollar AS.

Penjualan perangkat Android yang diprediksi akan terus meningkat bakal membuat Microsoft semakin kaya.

Pada 2017 mendatang, menurut prediksi Gartner, akan diproduksi 1,5 miliar perangkat Android dari berbagai model dan vendor.

Pada tahun tersebut, Microsoft diperkirakan dapat menerima 5,9 miliar dollar AS (sekitar Rp 57 triliun) dengan asumsi 8 dollar AS dari setiap 50 persen perangkat Android yang terjual.

Jumlahnya bisa meningkat menjadi 8,8 miliar dollar AS, jika 75 persen dari seluruh perangkat Android yang terjual harus "setor" ke Microsoft.

Dengan pendapatan yang fantastis ini, banyak pihak mempertanyakan mengapa Microsoft harus bersusah payah mengajak pengguna Android berpindah ke Windows Phone. Sampai-sampai Microsoft membuat kampanye khusus dengan membuat aplikasi "Switch to Windows Phone" di Android.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.