Kompas.com - 02/05/2013, 17:16 WIB
EditorReza Wahyudi

(Hewlett-Packard) Printer Mobile Hewlett-Packard (HP) OfficeJet 150 All-in-One

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen printer Hewlett-Packard (HP) sedang melakukan edukasi pasar untuk menggunakan tinta dan cartridge original, di tengah maraknya peredaran tinta dan cartridge palsu di Indonesia.

Market Development Manager Inkjet HP Indonesia, Dewi Pusporini mengatakan, memakai cartridge original bisa membuat printer lebih awet dan memberi nilai ekonomis. "Jika ada tinta atau cartridge yang dijual jauh dari harga pasar, ada baiknya hati-hati karena bisa jadi itu palsu," katanya dalam acara Media Workshop HP Printer Deskjet di Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Dijelaskan oleh Dewi, bahwa penggunaan produk cartridge bajakan bisa membuat rusak printer dan menggugurkan garansi.

Ia memberi petunjuk cara mengetahui keaslian cartridge dari HP. Di setiap kemasan cartridge pasti ada stiker hologram QR code. Nah, pelanggan bisa memindai hologram itu dengan aplikasi pemindai QR code. Dari sana pelanggan akan dibawa ke situs resmi HP dan akan mendapat keterangan soal keaslian produk tersebut.

"Kalau produknya tidak asli, berarti tidak usah dibeli karena si penjual berusaha membodohi pembeli," tegasnya.

HP telah membentuk tim anti pemalsuan produk cartridge dan tinta. Beberapa waktu lalu, pihaknya berkoordinasi dengan aparat berwenang dan berhasil menggerebek sindikat penjualan cartridge palsu di Batam. Sejauh ini, lanjut Dewi, produk cartridge palsu paling banyak beredar di Thailand

Perusahaan asal Amerika Serikat ini secara tegas memerangi produsen yang memalsukan tinta, menggunakan logo HP, dan memanipulasi kemasan agar produk nampak asli. HP tidak mempermasalahkan pihak ketiga yang secara resmi menjual tinta hasil kreasi sendiri atau produk cartridge compatible di bawah merek dagang sendiri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.