Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menepis Citra "Murahan" Merek China

Kompas.com - 03/05/2013, 02:43 WIB

Salah satu pertanyaan yang diajukan wartawan Indonesia saat berkunjung ke markas besar Huawei Technologies Co Ltd di Shenzen, China, adalah kesan gadget atau ponsel buatan China berharga murah dan cepat rusak. Bahkan, sejumlah distributor menyamarkan ponsel-ponsel low end buatan ”Negeri Tirai Bambu” dengan sebutan ”telepon lokal” sehingga seolah-olah buatan dalam negeri.

”Tidak hanya di Indonesia, di negerinya sendiri pun produk China masih dianggap low end,” kata Leo Wang, Managing Director, Consumer Business Group Southern Pasific Region Huawei.

Huawei tidak lantas menyerah. Strategi bisnis disusun dengan rinci. Dengan moto baru ”Make it Possible”, dari pabriknya di kawasan industri Danau Songgan, Shenzen, Guangdong, mereka meyakinkan diri bisa mengalahkan produk-produk yang saat ini memimpin, seperti Apple ataupun Samsung dari Korea Selatan.

Sebenarnya sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Huawei termasuk terkemuka di dunia. Dengan pengalaman 20 tahun, produk mereka yang menguasai teknologi TIK mulai dari hulu hingga hilir digunakan di 140 negara dan 500 perusahaan utama di Asia Pasifik, Eropa, dan Rusia, serta jutaan pengguna perorangan. Berbagai penghargaan pun sudah mereka peroleh.

Di Indonesia, teknologi Huawei digunakan di semua perusahaan penyedia telekomunikasi, seperti Telkom, Telkomsel, Indosat, XL Asia, Tri, Axis, serta Bakri Telecom dan Mobile8.

Adapun untuk teknologi di ranah ponsel pintar, Huawei mulai menapakkan jejaknya dan percaya diri untuk memimpin pasar yang kini dikuasai produk-produk dari Apple, Samsung, Blackberry, ataupun Nokia.

Tahun lalu, Huawei tercatat menjual 32 juta ponsel pintar, di belakang Samsung (216 juta) and Apple (136 juta). ”Kami ingin Huawei menjadi merek smartphone terkemuka di dunia,” kata CT Johnson, Huawei Corporate Controller dalam Pertemuan Puncak Analis Global Huawei di Shenzen, China.

Salah satu ponsel pintar yang mereka gadang-gadang siap melalap Samsung dan Apple adalah Ascend, mulai dari Ascend P2 hingga Mate, untuk bertarung di ajang ponsel pintar, baik di kelas medium maupun high end. Kita tunggu saja hasil pertarungannya. (ush)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com