Kompas.com - 03/05/2013, 13:12 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS/AGUS SUSANTO Antena base transceiver station (BTS)

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Bakrie Telecom atau Esia, mengaku tertarik untuk mengadopsi teknologi jaringan seluler 4G Long Term Evolution (LTE). Perusahaan memandang layanan data (internet) adalah bisnis masa depan operator seluler.

Hal ini dikatakan Chief Marketing Officer Bakrie Telecom Eka Anwar seusai acara Jakarta Marketing Week 2013 di Jakarta, Kamis (2/5/2013). Namun, Eka tidak mengatakan kapan Esia siap mengadopsi LTE.

LTE merupakan standar baru untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan data saat ini. LTE menggunakan radio yang berbeda dan menggunakan dasar jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. LTE sering disebut dengan istilah 4G (generasi keempat), untuk membedakannya dengan jaringan 3G.

"Target waktu belum ada karena regulasinya juga belum ada, dan masih diatur pemerintah. Tapi yang jelas kita siap adopsi LTE karena tren pasar akan ke sana," katanya.

Sementara ini, Esia fokus meningkatkan penetrasi pengguna layanan data. Perusahaan bakal membundel kartu SIM dan layanan data dengan perangkat mobile, seperti ponsel fitur, ponsel pintar, tablet dan modem dongle.

Di antara perangkat mobile tersebut, Esia akan lebih sering membundel layanannya dengan ponsel fitur dengan harga terjangkau. Hal ini dianggap sejalan dengan target pasar Esia yang mengincar segmen menengah ke bawah.

Eka mengklaim, layanan data berteknologi EVDO yang dimiliki Esia sekarang ini lebih baik dari layanan 3G operator GSM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.