Prosesor Haswell Bakal Dahsyat untuk Game?

Kompas.com - 04/05/2013, 14:34 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

wccftech.com


KOMPAS.com - Menjelang kemunculan "Haswell" Juni mendatang, Intel membeberkan lebih banyak informasi soal keluarga prosesor baru andalannya itu.

Sebagaimana dikutip dari PCWorld, raksasa chip ini minggu lalu memperkenalkan pemroses grafis (GPU) bernama "Iris" yang terintegrasi di dalam kemasan Haswell.

Iris diklaim Intel mampu memberikan kinerja olah grafis 3D dua kali lebih tinggi dibanding GPU pada chip terdahulu (Ivy Bridge).

Intel

Performa GPU Iris di dalam Intel Haswell bahkan disebut bisa menyamai GPU GeForce GT 650M dari Nvidia yang digunakan sebagai kartu grafis discrete pada sejumlah model notebook, termasuk Apple MacBook Pro with Retina Display.

Artinya, apabla klaim Intel benar, maka PC dengan prosesor Haswell seharusnya bisa dipakai untuk bermain game dengan relatif mulus tanpa memerlukan kartu grafis tambahan.

Konsumsi daya pun bisa ditekan, sementara Haswell dijanjikan memiliki power consumption lebih rendah dari pendahulunya.

Intel

Melengkapi kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah dari Iris, Intel juga membekali pengolah grafis itu dengan dukungan API terkini termasuk Direct X 11.1, OpenCL 1.2, dan OpenGL 4.0. Lalu ada pula kemampuan streaming video 4K (3840x2160) ke tiga layar sekaligus.

Akan tetapi, agaknya tak semua pengguna bisa menikmati kemampuan Iris karena GPU built-in ini disebut hanya akan tersedia untuk notebook (bukan Ultrabook) dan PC desktop all-in-one.

Iris sendiri terbagi ke dalam dua brand: Iris 5100 dan Iris Pro. Bedanya antar lain penyertaan dedicated RAM sebesar 128 MB pada Iris Pro.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X