Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara AS Akan Gunakan Android

Kompas.com - 05/05/2013, 10:41 WIB

Dalam waktu dekat tentara AS akan gunakan beragam piranti bergerak.
Telepon Samsung yang menjalankan versi aman Android disetujui untuk digunakan Departemen Pertahanan AS.

Persetujuan ini akan menjadi awal dari sebuah proses dimana beragam tipe telepon seluler akan digunakan tentara AS.

Persetujuan untuk perangkat Android lainnya termasuk telepon Apple dan tablet lainnya diperkirakan akan berlangsung Mei nanti.

Persetujuan penggunaan telepon Samsung merupakan strategi awal yang akan membuat para tentara menggunakan beragam tipe perangkat, baik telepon pintar dan tablet saat mereka bertugas, demikian pernyataan juru bicara Dephan AS Letkol Damien Pickart.

Dengan persetujuan ini berarti para tentara bisa menggunakan perangkat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dephan AS memiliki sekitar 600.000 pengguna telepon pintar, kata Pickart, sekitar 470.000 diantaranya menggunakan Blackberry.

Sisanya terbagi antara yang menggunakan Google Android dan Apple dalam serangkaian percobaan untuk menilai apakah perangkat tersebut bisa digunakan secara aman.
Sistem keamanan

Menurut satu laporan di Radio Berita Federal, persetujuan menggunakan perangkat telepon lain adalah bagian dari rencana Dephan AS untuk menggandakan penggunaan perangkat bergerak oleh tentara bersenjata pada tahun 2014.

Mereka akan membangun sebuah sistem keamanan bagi semua perangkat tersebut dan terhubung dengan toko aplikasi. Tawaran komersial untuk melengkapi perangkat ini juga tengah dikaji.

Sebelum persetujuan ini, Blackberry merupakan telepon genggam yang mendominasi di lingkungan militer AS karena sebelumnya perangkat itu satu-satunya yang bisa memenuhi keamanan ketat yang menjadi persyaratan Dephan.

Telepon Samsung merupakan salah satu dari yang mendapatkan persetujuan kali ini, karena berhasil bekerja keras untuk menciptakan versi aman sistem operasi Android yang diberi nama Knox.

Perangkat lain yang menjalankan sistem operasi iOS 6 Apple termasuk telepon Android lainnya saat ini tengah menjalani ujian dari Badan Sistem Informasi Keamanan, dan diperkirakan akan mendapat persetujuan pada akhir bulan ini.

Di saat Samsung memenangkan persetujuan, telepon pintar Blackberry 10 dan tablet Playbook juga dinyatakan aman digunakan dalam jaringan militer AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com