Kompas.com - 05/05/2013, 10:41 WIB
EditorReza Wahyudi

Dalam waktu dekat tentara AS akan gunakan beragam piranti bergerak.
Telepon Samsung yang menjalankan versi aman Android disetujui untuk digunakan Departemen Pertahanan AS.

Persetujuan ini akan menjadi awal dari sebuah proses dimana beragam tipe telepon seluler akan digunakan tentara AS.

Persetujuan untuk perangkat Android lainnya termasuk telepon Apple dan tablet lainnya diperkirakan akan berlangsung Mei nanti.

Persetujuan penggunaan telepon Samsung merupakan strategi awal yang akan membuat para tentara menggunakan beragam tipe perangkat, baik telepon pintar dan tablet saat mereka bertugas, demikian pernyataan juru bicara Dephan AS Letkol Damien Pickart.

Dengan persetujuan ini berarti para tentara bisa menggunakan perangkat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dephan AS memiliki sekitar 600.000 pengguna telepon pintar, kata Pickart, sekitar 470.000 diantaranya menggunakan Blackberry.

Sisanya terbagi antara yang menggunakan Google Android dan Apple dalam serangkaian percobaan untuk menilai apakah perangkat tersebut bisa digunakan secara aman.
Sistem keamanan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut satu laporan di Radio Berita Federal, persetujuan menggunakan perangkat telepon lain adalah bagian dari rencana Dephan AS untuk menggandakan penggunaan perangkat bergerak oleh tentara bersenjata pada tahun 2014.

Mereka akan membangun sebuah sistem keamanan bagi semua perangkat tersebut dan terhubung dengan toko aplikasi. Tawaran komersial untuk melengkapi perangkat ini juga tengah dikaji.

Sebelum persetujuan ini, Blackberry merupakan telepon genggam yang mendominasi di lingkungan militer AS karena sebelumnya perangkat itu satu-satunya yang bisa memenuhi keamanan ketat yang menjadi persyaratan Dephan.

Telepon Samsung merupakan salah satu dari yang mendapatkan persetujuan kali ini, karena berhasil bekerja keras untuk menciptakan versi aman sistem operasi Android yang diberi nama Knox.

Perangkat lain yang menjalankan sistem operasi iOS 6 Apple termasuk telepon Android lainnya saat ini tengah menjalani ujian dari Badan Sistem Informasi Keamanan, dan diperkirakan akan mendapat persetujuan pada akhir bulan ini.

Di saat Samsung memenangkan persetujuan, telepon pintar Blackberry 10 dan tablet Playbook juga dinyatakan aman digunakan dalam jaringan militer AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.