Akun Facebook Diretas? "Teman Tepercaya" Siap Membantu

Kompas.com - 06/05/2013, 09:46 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook coba meningkatkan sistem keamanan untuk penggunanya dengan meluncurkan fitur Trusted Contacts atau Kontak Tepercaya.

Trusted Contacts adalah satu cara memulihkan akun Facebook jika Anda lupa kata sandi atau akun tersebut diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan Trusted Contacts di menu Settings/Pengaturan lalu pilih Security/Keamanan.

Trusted Contacts

Kemudian, pilih tiga sampai lima teman terpercaya untuk dimasukkan ke daftar Trusted Contacts. Tentu saja, Anda harus memilih secara bijaksana teman atau keluarga yang bisa menjaga rahasia. Teman-teman inilah yang dapat membantu Anda menyediakan kode keamanan.

Trusted Contacts merupakan solusi untuk menjawab pertanyaan keamanan. Facebook akan mengirim kode keamanan ke teman Anda untuk kemudian dibagi ke pemilik akun.

Nah, di sini sebenarnya terbuka peluang penyalahgunaan jika Anda memilih teman yang salah. Ini seperti menitipkan kunci rumah Anda kepada tetangga, namun tetangga menyalahgunakan kepercayaan yang Anda berikan.

Karena itu, pilihlah teman atau anggota keluarga yang sepenuhnya bisa dipercaya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X