Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Bos Baru, Intel Terima Pesanan Prosesor?

Kompas.com - 06/05/2013, 10:37 WIB

wccftech.com
KOMPAS.com - Intel memilih Brian Krzanich sebagai CEO menggantikan Paul Otellini yang akan mundur bulan ini. Krzanich secara resmi akan mulai menjabat sebagai CEO pada 16 Mei mendatang.

Dikutip dari PC World, pemilihan Krzanich yang sebelumnya menangani operasi manufaktur Intel boleh jadi akan membawa perubahan arah menuju produksi chip pesanan pihak ketiga.

Lewat pemilihan tersebut, para analis berpendapat Intel menunjukkan sinyalemen bahwa perusahaan tersebut ingin menggunakan aset-aset pabriknya untuk menghasilkan pendapatan.

Intel biasanya hanya memakai pabrik untuk membuat prosesor milik sendiri, tapi belakangan telah mulai menandatangani kontrak manufaktur untuk pihak ketiga secara terbatas, utamanya untuk jenis chip FPGA yang menawarkan margin tinggi.

Dalam hal manufaktur, pabrik-pabrik Intel dinilai selangkah lebih maju dari dua pemain besar lainnya di bisnis ini, yaitu Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) dan GlobalFoundries, dua pabrikan pihak ketiga yang menangani pesanan dari produsen prosesor.

Pabrik milik sendiri juga menjadi kelebihan Intel dibandingkan para pesaing di bisnis prosesor seperti Qualcomm dan AMD yang mengandalkan pihak ketiga untuk produksi chip mereka.

Intel sebelumnya pernah mengatakan tak akan membuat chip untuk Apple ataupun perusahaan lain yang mengandalkan ARM -arsitektur saingan x86 milik Intel. Tetapi Kraznich disinyalir akan lebih terbuka soal ini dibanding Otellini.

Terlebih lagi, Intel telah menginvestasikan dana miliaran dollar AS untuk membangun pabrik-pabrik baru sementara industri PC yang menjadi inti bisnis Intel sedang dilanda kelesuan. Hal tersebut mengakibatkan turunnya angka permintaan sehingga kapasitas produksi pabrik Intel bisa terbuang percuma.

"Intel akan memanfaatkan teknologi manufaktur dan fabrikasinya untuk melewati para kompetitor. Mereka agaknya juga bakal mengubah bisnis produksi chip dari "sekadar hobi" menjadi bisnis bernilai miliaran dollar AS," ujar presiden dan analis utama Moor Insights and Strategi Patrick Moorhead.

Analis J.P. Morgan Chris Danely memperkirakan bisnis produksi chip Intel bisa menghasilkan pendapatan tahunan sebesar 4,2 miliar dollar AS pada 2017 sehingga bisa menutupi kehilangan revenue dari lesunya industri PC.

Apabila benar bahwa Intel akan menggenjot sektor manufaktur, maka pemilihan Krzanich sebagai CEO dinilai sebagai keputusan yang tepat karena pengalamannya dalam menghasilkan profit dari bisnis ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com