Inilah Hasil Jepretan Android dari Luar Angkasa

Kompas.com - 06/05/2013, 16:00 WIB
EditorReza Wahyudi

Engadget PhoneSat

KOMPAS.com - PhoneSat, satelit ruang angkasa yang ditenagai oleh ponsel, milik NASA telah menyelesaikan tugasnya. PhoneSat tersebut telah kembali ke bumi pada 27 April 2013 yang lalu.

Salah satu tugas yang diemban oleh ketiga PhoneSat tersebut adalah untuk melihat apakah smartphone kelas konsumer dapat digunakan sebagai pengendali satelit.

Selain untuk menguji kemungkinan tersebut, pihak NASA juga menggunakan ponsel yang ada di satelit tersebut untuk mengambil gambar bumi dari luar angkasa.

Dikutip dari PhoneArena, Senin (6/5/2013), total terdapat tiga unit smartphone Android yang dipersenjatai oleh NASA dalam satelit tersebut. Tiga perangkat tersebut masing-masing dinamakan Alexander, Graham, dan Bell.

Tiga ponsel yang ikut menjelajah angkasa tersebut  terdiri dari dua unit HTC Nexus One dan satu unit Samsung Nexus S.

Ketiga smartphone tersebut masing-masing bertugas mengambil potongan kecil gambar beberapa wilayah bumi. Kemudian, hasilnya yang berjumlah ratusan dikirim ke stasiun-stasiun yang menyebar di seluruh bumi.

NASA sendiri dikatakan bekerjasama dengan operator radio amatir untuk mengumpulkan dan menyatukan potongan-potongan kecil gambar tersebut sehingga bisa menjadi satu kesatuan utuh.

Potongan-potongan gambar tersebut dikirim dengan kecepatan yang sangat lambat, yaitu 1.200bps sehingga wajar apabila beberapa foto terlihat pecah.

Satelit PhoneSat milik NASA ini diluncurkan ke luar angkasa pada April 2013 yang lalu. Pada saat itu, satelit tersebut diterbangkan dari Wallops Island, Virginia, Amerika Serikat. Total, PhoneSat ini menghabiskan waktu selama 2 minggu di luar bumi.

Dalam proyek PhoneSat ini, NASA ingin membuat sebuah satelit ruang angkasa yang memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Dengan harga yang tidak terlalu tinggi ini, diharapkan perusahaan komersil dan pihak akademik dapat membuat satelitnya sendiri.

Berikut beberapa hasil foto karya tiga ponsel Android tersebut:

nasa1-main2 bell2 graham2 bell1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.