Kompas.com - 07/05/2013, 09:27 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Intel Intel Atom

KOMPAS.com - Intel menunjukkan keseriusannya untuk bersaing di industri perangkat mobile. Produsen mikrochip ini memperkenalkan arsitektur prosesor mobile Atom terbaru yang diberi nama Silvermont untuk perangkat ponsel pintar dan tablet, Senin (6/4/2013).

Chief Product Officer Intel Dadi Perlmutter mengatakan, Silvermont didesain dalam spesifikasi system-on-a-chip 22 nanometer (nm). Kinerja prosesor ini diklaim lebih cepat tiga kali lipat dan konsumsi dayanya lima kali lebih rendah dari prosesor mobile Atom Intel sebelumnya.

"Kami tidak hanya mengurangi daya secara signifikan, tapi dia juga datang dengan kinerja yang signifikan," kata Perlmutter seperti dikutip dari Reuters.

Desain prosesor di Silvermont menggabungkan teknologi transistor tri-gate 3-D yang pertama kali diperkenalkan Intel pada 2011. Teknologi ini memungkinkan Intel membuat prosesor dengan ukuran lebih kecil, namun performanya cepat dan konsumsi dayanya lebih rendah.

Intel pertama kali memperkenalkan prosesor mobile Atom untuk netbook pada 2008. Namun, tingkat adopsi Atom untuk perangkat ponsel pintar dan tablet sejauh ini masih sangat kecil. Sejauh ini, menurut Perlmutter, prosesor Atom mobile sudah dipakai 12 model ponsel.

Perusahaan ini memang mendominasi penjualan prosesor dalam industri komputer pribadi, tapi di ruang mobile, pasar prosesor didominasi oleh Qualcomm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Qualcomm dan produsen prosesor mobile lain seperti Nvidia, merancang prosesor dengan arsitektur ARM yang dikenal dengan lebih hemat daya. ARM jadi penantang kuat arsitektur x86 yang dirancang dan dipakai Intel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.