Kompas.com - 07/05/2013, 13:56 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Logo baru Instagram

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi foto Instagram memasuki tahap pengembangan versi 3.5 pada Kamis (2/5/2013). Di versi ini, Instagram melakukan dua pembaruan besar, yakni menawarkan fitur baru photo tag dan tampil dengan logo baru.

Mungkin ada dari Anda yang tidak menyadari perubahan logo tersebut. Logo Instagram yang mengusung konsep skrip tipografi kini tampil lebih halus. Desainernya adalah Mackey Saturday asal Denver, Amerika Serikat, sahabat dari pendiri Instagram Kevin Systrom.

Mackey mulai mengerjakan desain ulang logo lebih dari satu tahun lalu sebelum Facebook mengakuisisi Instagram pada Mei 2012. Dengan tangannya sendiri, Mackey menggambar ulang skrip tipografi Billabong. Jenis huruf ini dahulu dipakai oleh merek busana Billabong yang biasa menjadi sponsor atlet selancar. Mackey merasa jenis huruf ini sangat pas dengan unsur retronostalgic yang diusung Instagram.
Logo lama Instagram
"Kevin memiliki selera yang bagus untuk desain. Dan saya pikir ini adalah alasan besar keberhasilan mereka (Instagram-red)," kata Mackey seperti dikutip dari situs teknologi Gizmodo, Minggu (5/5/2013)

Garis-garis pada huruf yang merangkai kata Instagram dibuat lebih bersih dan lebih elegan, meskipun jika dilihat sekilas, tak terasa ada perubahan besar. Mackey mengatakan bahwa logo macam ini akan abadi atau bertahan meski termakan oleh jaman. Ia ingin membangun merek untuk jangka panjang.

"Tujuan sebenarnya adalah untuk duduk bersama beberapa logo script abadi seperti Kellog dan Campbell," kata Mackey. "Coca-cola adalah contoh besar lainnya. Ini nostalgia, tetapi melampaui tren populer." ujarnya.

Rancangan logo Instagram - Photo by Gizmodo UK

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desain jenis huruf yang dipakai pada logo Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.