Ini Bedanya Pengguna Tablet di Indonesia

Kompas.com - 08/05/2013, 08:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

oik yusuf/ kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com Soal pola pemakaian, para pengguna tablet di Tanah Air ternyata memiliki keunikan dibandingkan pemilik perangkat serupa di negara-negara maju.

Hal tersebut diutarakan oleh Mobile Phone Business Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Andry Sutamto ketika berbicara dalam Media Workshop Samsung Galaxy Note 8 di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

"Di Indonesia, smartphone dianggap sebagai alat komunikasi; sementara tablet utamanya dipakai untuk keperluan main game, entertainment, dan social networking," papar Andry, mengutip hasil survei yang dilakukan perusahaannya pada Desember tahun lalu.

Survei Samsung di Indonesia, menurut penjelasan Andry, melibatkan 100 responden dari kalangan pengguna perangkat Samsung dan merek lain, dengan rentang usia 20-45 tahun dan proporsi jender sebanding.

Temuan survei itu dikatakannya agak berbeda dengan pola penggunaan tablet di negara maju seperti wilayah Amerika Serikat dan Eropa, yang lebih spesifik. "Misalnya untuk keperluan edukasi dan medis di rumah sakit. Di Indonesia, penggunaannya masih sangat umum," imbuh Andry.

Adapun untuk produktivitas, pengguna di Indonesia disebut masih condong mengandalkan perangkat konvensional seperti komputer laptop.

Soal ini, Andry mengatakan bahwa ukuran tablet ternyata juga bisa mempengaruhi pola pemakaiannya.

Perihal bermain game dan entertainment tadi lebih umum ditemukan di tablet kecil dengan ukuran layar sekitar 7 inci. Sementara itu, tablet berukuran 10 inci dinilai terlalu merepotkan untuk ditenteng.

Andry melanjutkan, dengan menghadirkan tablet berukuran 8 inci, Samsung berharap bisa menggabungkan aspek entertainment dan produktivitas dalam sebuah tablet. "Ukuran 8 inci itu ideal, masih mudah dibawa ke mana-mana."



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X