Bill Gates: iPad Bikin Pengguna Frustrasi

Kompas.com - 08/05/2013, 11:26 WIB
EditorReza Wahyudi
Microsoft

KOMPAS.com — iPad adalah pelopor komputer tablet konsumen dengan angka penjualan mencapai kisaran 140 juta unit. Perangkat ini pun menginspirasi dibuatnya banyak perangkat sejenis yang juga populer sehingga mengancam industri PC.

Biarpun begitu, menurut pendiri dan mantan CEO Microsoft Bill Gates, iPad dan perangkat-perangkat lain sejenisnya memiliki satu kelemahan yang sangat mengganggu pengguna, yaitu tidak memiliki keyboard fisik.

Hal ini dianggap Gates membuat tablet sulit menjadi pengganti PC dalam urusan produktivitas. "Banyak pengguna (tablet) yang frustrasi. Mereka tak bisa mengetik, tak bisa membikin dokumen, mereka tak punya Office di sana," ujar Gates, seperti dikutip AllThingsD dari wawancaranya dengan CNBC.

Tablet ideal, menurut Gates, adalah yang menggabungkan portabilitas dengan keyboard dan software Office.

Dia mengacu pada Surface dan Surface Pro, dua tablet berbasis Windows bikinan Microsoft yang dilengkapi cover keyboard terintegrasi. Kedua tablet ini disebut Gates mampu menghadirkan segala kelebihan tablet tanpa mengorbankan produktivitas.

"Dengan Windows 8, Microsoft berusaha mengambil pangsa di pasar yang selama ini dikuasai perangkat-perangkat sejenis iPad," lanjut Gates.

Kiprah Surface dan Surface Pro sendiri di pasaran sejauh ini masih belum menggembirakan, tetapi cenderung menunjukkan pertumbuhan. Laporan IDC awal Mei lalu menunjukkan bahwa Microsoft mengapalkan 900.000 unit tablet Surface dan Surface Pro pada kuartal pertama 2013 dengan pangsa pasar 1,8 persen.

Angka tersebut masih jauh di bawah iPad yang dikapalkan sebanyak 19,5 juta unit pada waktu yang sama.

Untuk mendorong penjualan Surface dan Surface Pro, Microsoft disebut menghabiskan dana 1,5 miliar dollar AS untuk kampanye pemasaran kedua produk itu.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X