Kompas.com - 09/05/2013, 18:19 WIB
EditorReza Wahyudi

Pepih Nugraha/KOMPAS.com CEO Nokia Stephen Elop saat memperkenalkan Asha 501 di New Delhi, India, Kamis (9/5/2013).

NEW DELHI, KOMPAS.com – CEO Nokia Stephen Elop memperkenalkan Nokia Asha 501 dalam acara bertajuk Time to Shift Gears di New Delhi, India, Kamis (9/5/2013). Saat memperkenalkan produk terbaru tersebut, Elop menyebut Asha 501 lahir karena terinspirasi oleh Lumia.

“Ini adalah langkah pertama dalam lembaran Asha berikutnya,” kata Elop di depan 300 jurnalis dari berbagai belahan dunia yang diundang ke acara tersebut. Lumia adalah smartphone andalan Nokia dengan operating system Windows Phone.

Seperti dilaporkan wartawan Kompas.com, Pepih Nugraha, Elop menjelaskan, Asha 501 lahir dengan melihat dan mempelajari kecenderungan bagaimana orang-orang menggunakan telepon seluler (mobile). Ketika “social” menjadi kata kunci bagi kebutuhan pengguna ponsel, maka Asha 501 mengadopsi hal itu, misalnya memanfaatkan aplikasi Facebook yang khusus dibuat untuk Asha 501.

“Untuk India, pengguna Facebook akan merasakan manfaat jejaring sosial itu sebesar-besarnya karena ia gratis,” katanya.

Pepih Nugraha/KOMPAS.com CEO Nokia Stephen Elop saat wawancara dengan wartawan Kompas.com, Pepih Nugraha, di New Delhi, India, Kamis (9/5/2013).

Dengan demikian, Asha 501 mengikuti pendahulunya Asha 201 yang memanfaatkan Facebook secara maksimal. Saat Kompas.com mencoba penggunaan Facebook di Asha 501, tampilan dipermudah dan disederhanakan. Namun demikian, pengguna nyaman menggunakannya karena semua tampilan hanya ada dalam satu muka saja.

Asha yang dalam bahasa Hindi berarti “hope” atau harapan itu menurut Elop didesain agar nyaman saat digunakan dan tidak terlalu merepotkan saat disimpan di dalam saku. Warna yang disajikan pun, kata Elop, disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak muda yang menggunakan ponsel internet, yaitu menggunakan warna-warna merah dan kuning cerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan peramban yang dinamai Nokia Xpress Browser, Elop mengklaim Asha 501 lebih cepat saat “googling” atau memanfaatkan layanan internet lainnya dan dengan baterai efisien dan tahan lama yang merupakan keunggulan Nokia.

Di India sendiri, Nokia Asha 501 baru akan dipasarkan sekitar bulan Juni tahun ini.

 

Nokia Ponsel Nokia Asha 501.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.