MANCHESTER UNITED

David Moyes Pengganti Ferguson

Kompas.com - 10/05/2013, 04:25 WIB
Editor

Manchester, Rabu - Manajer Everton David Moyes ditunjuk menggantikan Sir Alex Ferguson sebagai pelatih Manchester United mulai musim 2013-2014. Moyes dikontrak klub kota Manchester, Inggris, yang tiga kali juara Liga Champions Eropa itu untuk enam musim ke depan.

Kepastian penunjukan Moyes tersiar luas pada Kamis (9/5) malam WIB, salah satunya melalui situs olahraga BBC Sport. Keputusan MU itu mengakhiri simpang siur pengganti Ferguson, yang mengumumkan pensiun sebagai Manajer MU pada Rabu (8/5).

Ada hukum pasti, siapa pun pelatih baru MU, ia akan selalu dibandingkan dengan Ferguson yang sukses besar. Pelatih ini meraih 38 trofi dalam 26 tahun lima bulan memimpin MU. Ia sosok tak tergantikan, melampaui Sir Matt Busby yang memimpin MU selama 24 tahun, tahun 1945-1969.

”Saya bahagia bahwa Sir Alex telah merekomendasikan nama saya untuk jabatan itu (manajer MU). Saya hormat sepenuhnya terhadap apa yang telah dia lakukan (untuk sepak bola) dan untuk MU,” kata Moyes dalam pernyataan di BBC Sport, terkait penunjukannya.

Ia melanjutkan, ”Saya tahu betapa berat menjadi penerus pelatih terbaik sepanjang masa, tetapi kesempatan melatih MU sungguh jarang terjadi dan saya benar-benar antusias menjalani tugas ini mulai musim depan.”

Kandidat terkuat

Moyes, yang kontraknya dengan Everton akan berakhir pada 30 Juni, sejak pengumuman pengunduran diri Ferguson, menjadi kandidat terkuat versi pers Inggris. Pelatih berusia 50 tahun itu memiliki hubungan sangat bagus dengan Ferguson yang sama-sama dari Skotlandia.

Moyes memiliki etos kerja seperti Ferguson, lihai mengelola tim dan pemain, serta fokus membina pemain muda. Moyes membuktikan kualitasnya selama 11 tahun di Everton.

Everton diperkuat para pemain menengah karena anggaran yang terbatas. Namun, Moyes mampu memperbaiki posisi Everton di Liga Inggris, sebagian besar di 10 besar.

Pelatih yang memulai karier di klub Preston pada 1998 itu hanya memiliki anggaran 800.000 pound (sekitar Rp 12 miliar) per musim dalam lima tahun terakhir. Jumlah itu jauh di bawah Liverpool yang mengeluarkan sekitar 50 juta pound (Rp 754 miliar) di bawah asuhan Brendan Rodgers.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.