Kompas.com - 10/05/2013, 08:19 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

oik yusuf/ kompas.com


KOMPAS.com - Galaxy Note 8 adalah salah satu gadget mobile terbaru yang akan mulai dijual di Indonesia mulai 10 Mei mendatang.

KompasTekno berkesempatan menjajal perangkat ini dalam media workshop yang digelar di Jakarta, Selasa (7/5/2013) lalu.

Seperti apa kesan-kesan yang didapatkan setelah memegang Galaxy Note 8? Berikut ulasan singkatnya.

Di antara "phablet" dan "tablet"

Oleh Samsung, perangkat dengan bentang layar 8 inci ini dikategorikan sebagai "tablet" yang dilengkapi pena stylus S-Pen.

Ukuran tersebut membuatnya lebih besar dibandingkan model lain di dalam seri Galaxy Note, termasuk Note II yang termasuk kategori "phablet" dengan display 5.5 inci.

Perbedaan Galaxy Note 8 dibanding seri Galaxy Note terdahulu langsung terasa begitu memegang perangkat ini di tangan. Boleh dibilang, Note 8 terasa lebih mirip produk tablet Galaxy Tab 2.0 7 inci daripada Note II.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Galaxy Note 8 Processed Join-1 copy
  (Gambar: Oik Yusuf/ Kompas Tekno)

Note 8 terasa lebih ringan dan mudah digenggam dibandingkan tablet 10 inci semacam Galaxy Note 10.1. Tetapi perangkat ini sudah terlalu besar untuk bisa dioperasikan dengan satu tangan.

Galaxy Note 8 merupakan produk gadget mobile pertama Samsung yang memiliki ukuran layar 8 inci.

Mobile Phone Business Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Andry Sutamto mengatakan bahwa ukuran tersebut dipercaya bisa menghadirkan keseimbangan antara fungsi hiburan dan produktivitas pada sebuah tablet.

Galaxy Note 8 pun disebut masih menawarkan portabilitas yang tinggi karena mudah dibawa-bawa. Memang, dengan tebal 9,4 mm dan bobot 183 gram, perangkat ini terasa tak terlalu membebani telapak tangan ketika menopangnya.

"Plastik"

Galaxy Note 8 Processed Join-2
  (Gambar: Oik Yusuf/ Kompas Tekno)

Galaxy Note 8 Processed-7
  (Gambar: Oik Yusuf/ Kompas Tekno)

Dari segi penampilan fisik, Note 8 memiliki desain yang mirip dengan perangkat seri Galaxy lain dari Samsung, dengan tombol fisik "home" di bagian bawah layar yang diapit softbutton "back" dan "menu".

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.