Kompas.com - 10/05/2013, 11:43 WIB
EditorReza Wahyudi

mashable.com Executive Chairman Google Eric Schmidt

KOMPAS.com - Ada ungkapan bahwa sebuah informasi yang beredar di internet akan berada di sana selamanya. Executive chairman Goolge Eric Schmidt tahu betul soal ini.

Jikalau informasi tersebut sebatas foto atau tweet yang memalukan dari masa lalu, tentu bukan masalah besar. Tapi bagaimana jika menyangkut masa depan seseorang?

Inilah mengapa Schmidt berpendapat bahwa sebaiknya ada cara mudah untuk menghapus informasi yang beredar di internet. "Tidak adanya tombol 'delete' di internet adalah isu yang signifikan. Kadang penghapusan  adalah hal yang benar," ujar Schmidt seperti dikutip oleh Cnet.

Schmidt mencontohkan seseorang yang melakukan kejahatan saat masih di bawah umur. Hal tersebut memang dihapus dari rekam jejak formal ketika yang bersangkutan tumbuh dewasa, tetapi informasi mengenai kejahatan orang itu bisa jadi tetap beredar di internet dan membuatnya sulit mendapat pekerjaan.

Sikap Schmidt terhadap hal yang berkaitan dengan privasi ini sedikit berbeda dari yang ditunjukannya beberapa tahun lalu. Pada 2009, dia pernah mengatakan, "Jika ada sesuatu hal yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, mungkin Anda memang seharusnya tak melakukan itu sejak awal."

Lalu, ketika itu dia juga menjelaskan bahwa mesin pencari, seperti Google menyimpan informasi di internet dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa diberikan pada pihak yang berwenang apabila kelak diperlukan.

Google sendiri belakangan diminta penegak hukum AS untuk turut berpartisipasi mengungkap kejahatan dengan menyediakan produk yang memudahkan pengawasan. Usulan itu mendapat tentangan dari kelompok pendukung privasi dan perusahaan internet karena dianggap "bisa merusak reputasi perusahaan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.