Kompas.com - 11/05/2013, 13:24 WIB
EditorReza Wahyudi

Oik Yusuf/KompasTekno Komputer tablet Asus Google Nexus 7

KOMPAS.com - Angka pengiriman PC mengalami penurunan berturut-turut selama beberapa kuartal terakhir. Pada saat bersamaan, perangkat komputer tablet menunjukkan pertumbuhan pesat.

Maka, sejumlah lembaga riset menilai bahwa hanya soal waktu sebelum angka pengkapalan tablet menyalip PC. Salah satu prediksi terbaru dari mantan analis IDC Sameer Singh menyebutkan bahwa hal itu akan terjadi mulai akhir 2013.

Seperti dikutip dari Cnet, Singh yang kini menjabat kepala analis di BitChemy Ventures  menyebutkan ada dua skenario "kekalahan PC". Pertama adalah angka shipment PC bakal jatuh menjadi 70-70 juta unit pada kuartal keempat tahun ini, sementara tablet naik ke angka 80 juta unit.

 

Sameer Singh

Skenario kedua menempatkan terlewatinya angka pengkapalan PC pada waktu yang lebih awal, yaitu kuartal ketiga 2013 di mana Singh memperkirakan pengiriman PC jatuh menjadi 65 juta unit, kalah oleh tablet yang tumbuh menjadi 75 juta unit.

Skenario mana yang paling mungkin terwujud bergantung pada beberapa faktor, antara lain kecepatan substitusi PC oleh tablet. Sebelum ini, Singh memperkirakan tablet baru akan menyalip PC pada kuartal pertama 2014, tetapi perangkat tablet ternyata tumbuh lebih cepat dari yang diprediksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Estimasi angka pengkapalan ini bisa dipengaruhi oleh kecepatan penetrasi tablet murah di pasar negara berkembang, dan perubahan yang diterapkan ke sistem operasi WIndows 8," ujar Singh. "Akan tetapi, berdasarkan skala pengiriman, saya yakin bahwa pengiriman tablet akan mengalahkan PC pada akhir 2013."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.