Kompas.com - 13/05/2013, 01:23 WIB
EditorHery Prasetyo

MANCHESTER, KOMPAS.com — Suasana emosional mewarnai prosesi perpisahan Sir Alex Ferguson di Stadion Old Trafford, seusai Manchester United menundukkan Swansea City 2-1, Minggu (12/5/2013). Dalam sambutan perpisahannya, Fergie pun menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya selama lebih dari 26 tahun ia menangani Setan Merah. Ia juga menekankan kepada semua pihak untuk memberi dukungan yang sama kepada manajer baru nanti, David Moyes.

Dalam pertandingan melawan Swanse itu, gol kemenangan MU dicetak oleh Rio Ferdinand di menit ke-87. Seusai pertandingan, Ferguson yang kelahiran Govan, Skotlandia ini pun menyampaikan kata-kata perpisahan di hadapan para pemain dan ribuan fans yang memerahkan Old Trafford. Pria yang akrab disapa Fergie ini pun membuka sambutannya dengan terlebih dulu menyampaikan pujian kepada Paul Scholes, penggawa MU yang juga akan pensiun akhir musim ini serta Darren Fletcher yang masih cedera.

"Sebelum saya mulai meracau, saya hanya ingin menyalami Paul Scholes yang pensiun hari ini. Ia adalah salah satu pemain terbesar yang pernah dan akan selalu dimiliki klub ini. Saya juga ingin mendoakan Darren Fletcher agar segera pulih," kata Fergie seperti dilansir Sky Sport.

"Saya ingin mengingatkan Anda semua bahwa di saat-saat sulit sekali pun, pihak klub tetap mendukung saya. Para dewan direksi klub mendukung saya, staf mendukung saya, dan para pemain mendukung saya. Tugas Anda sekarang adalah mendukung manajer baru," lanjut Fergie yang disambut gemuruh aplaus.

"Kini saya bisa menyaksikan mereka dan bukan menderita bersama mereka. Jika Anda memikirkan tentang gol telat, kemunduran dan saat-saat menyenangkan yang saya alami di sini, semua itu memberi pengalaman luar biasa bagi saya, dan saya berterima kasih untuk itu."

"Saya beruntung bisa melatih beberapa pemain terbaik di negeri ini. Mereka memenangkan kejuaraan dengan cara fantastis, selamat untuk mereka."

"Ucapan terima kasih ini saya berikan kepada Manchester United. Bukan hanya pada para staf, tapi kepada Anda semua. Anda adalah kenangan paling fantastis dalam hidup saya. Terima kasih."

Ferguson pun tak lupa menitipkan pesan kepada para pemainnya yang berkumpul di lapangan saat ia mengucapkan salam perpisahan. "Saya doakan kesuksesan untuk semua pemain. Saya tahu sehebat apa kalian. Kalian tahu seragam yang kalian kenakan dan kalian tahu apa makna seragam itu untuk semua orang di sini. Jangan kecewakan diri kalian," pungkas Ferguson.

Selama 26 tahun Ferguson melatih, ia mempersembahkan total 38 gelar untuk Manchester United. Salah satu gelar bersejarah yang ia hadirkan untuk The Red Devils adalah Liga Champions tahun 1999 yang melengkapi gelar treble winners Manchester United musim tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.