Kompas.com - 13/05/2013, 05:25 WIB
EditorHery Prasetyo

MANCHESTER, KOMPAS.com — Keputusan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, untuk  pensiun sudah diambil sejak Natal tahun 2012. Dukacita sang istri akibat ditinggal saudara perempuannya menjadi salah satu alasan Fergie membuat keputusan tersebut.

Keputusan pelatih yang akrab disapa Fergie itu memang sangat mengejutkan banyak pihak. Namun, itu sudah ia pikirkan secara matang, cuma ia menyembunyikan rencananya tersebut dengan rapat.

"Saya sudah memutuskan pensiun sejak Natal. Semua hal berubah saat saudara perempuan Cathy, istri saya, meninggal. Cathy kehilangan sahabatnya dan saya ingin memberi waktu lebih banyak untuknya. Saya juga ingin berhenti dengan menjadi pemenang liga," jelas Ferguson pada BBC Sport.

Fergie pun mengungkapkan sulitnya menyimpan hal ini dari semua pihak, bahkan kepada anak-anaknya yang baru diberi tahu tiga bulan setelah ia membuat keputusan tersebut. "Sulit untuk tak memberi tahu orang lain soal ini. Kadang saya nyaris keceplosan ke keluarga. Saya dan istri baru memberi tahu putra kami pada bulan Maret (2013). Saudara laki-laki saya bahkan baru tahu pada hari Selasa (7/5/2013)," kata pria asal Govan, Skotlandia ini.

Meski sudah pensiun sebagai manajer, Fergie akan tetap berada di Manchester United dengan menduduki jabatan sebagai direktur klub, sementara David Moyes akan meneruskan tugasnya sebagai manajer untuk Patrice Evra dkk. Fergie pun mengisyaratkan tak akan berleha-leha.

"Saya punya banyak tugas. Putra saya Jason telah menyusun segalanya. Saya tak akan duduk diam," pungkas Fergie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.