Layanan BBM Pulih, Pengguna Diminta "Cabut Baterai"

Kompas.com - 13/05/2013, 10:31 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan BlackBerry Messenger (BBM) yang sempat mengalami gangguan pada Minggu (12/5/2013) malam telah berangsur normal sejak Senin dini hari.

Informasi pulihnya layanan pesan instan BlackBerry ini didapat dari operator seluler penyedia layanan BlackBerry, XL dan Axis. Pihak BlackBerry Indonesia sendiri hingga kini belum memberi keterangan resmi.

Tumbangnya layanan BBM ini membuat beberapa operator seluler cukup sibuk memberikan informasi permasalahan kepada para penggunanya, baik melalui jejaring sosial Twitter, Facebook, maupun telepon.

Setelah layanan BBM kembali normal, informasi untuk dapat menggunakan layanan pesan instan ini pun disebar. Salah satunya oleh XL Axiata melalui akun Twitter-nya, @XLCare. Pelanggan BlackBerry XL yang belum dapat menggunakan BBM secara normal disarankan untuk melakukan restart dengan mencabut dan memasang lagi baterai ponsel BlackBerry.

 

Peristiwa gangguan pada layanan BlackBerry kali ini merupakan yang pertama di tahun 2013. Sepanjang 2012 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gangguan pertama tahun 2012 terjadi pada layanan email BlackBerry di akhir Maret 2012. Kemudian pada 15 Agustus 2012, layanan e-mail BlackBerry kembali mengalami gangguan. Ketiga, giliran pesan instan BlackBerry Messenger yang terganggu pada 2 Oktober 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.