Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Kembangkan Internet 5G

Kompas.com - 13/05/2013, 16:09 WIB

Baz Ratner/Reuters Samsung

KOMPAS.com — Samsung sedang mengembangkan koneksi data (internet) nirkabel generasi kelima (5G) yang akan dibawa kepada konsumen pada tahun 2020. Samsung telah melakukan uji coba teknologi 5G dan berhasil mencapai kecepatan 1 gigabit per detik (Gbps) untuk mengunduh.

Koneksi internet 5G yang dikembangkan Samsung diklaim dapat melakukan transmisi data "ratusan kali lebih cepat" dari koneksi 4G LTE saat ini. Jika nanti 5G dikomersialkan, maka pengguna dapat menggunakannya untuk mengirim file dengan konsumsi data yang besar, termasuk film ultra high definitions (UHD). "Ini praktis tanpa batasan," tulis pihak Samsung.

Dalam teknologi ini, Samsung mengklaim telah menemukan cara untuk membuat penggunaan gelombang milimeter (millimetre-wave) pada spektrum frekuensi radio. Selama ini, penggunaan band gelombang milimeter untuk internet nirkabel terbilang minim karena rentang pita yang terbatas.

Secara khusus, perusahaan Korea Selatan ini memadukan berbagai teknologi transceiver yang menggunakan 64 antena radio untuk menguatkan sinyal dan meningkatkan jangkauan. Dengan demikian, kecepatan koneksi yang diraih bisa mencapai 1.056 Gbps dalam jarak hingga 2 km.

"Band gelombang milimeter adalah solusi paling efektif untuk lonjakan terbaru dalam penggunaan internet nirkabel," kata Chang Yeong Kim, Vice President and Head of Digital Medial and Communication Research and Development Samsung, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (13/5/2013).

Samsung bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengembangkan teknologi 5G. Februari 2013 lalu, operator seluler NTT DoCoMo asal Jepang berhasil melakukan uji coba koneksi internet nirkabel dengan kecepatan mencapai 10 Gbps. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com