Xperia ZR, Android Tahan Air Sony Berikutnya

Kompas.com - 13/05/2013, 19:00 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

Sony baru saja meluncurkan Xperia ZR, Senin (13/5/2013).

KOMPAS.com — Sony resmi meluncurkan "saudara kecil" dari smartphone Xperia Z, Senin (13/5/2013). Produk baru yang dinamakan Xperia ZR tersebut juga memiliki kemampuan tahan air dan debu.

Meski memiliki kemampuan sama, Xperia ZR hadir dengan kemampuan yang lebih hebat jika berada di air. Pengguna Xperia ZR mampu mengambil gambar atau merekam video saat berada di air selama 30 menit di kedalaman 1,5 meter. Sementara Xperia Z hanya bisa diajak menyelam di kedalaman 1 meter.

Sekedar informasi, Xperia Z tak bisa digunakan untuk mengambil foto di dalam air karena layarnya tak bisa dinavigasi saat berada di air. Merekam video di dalam air bisa saja dilakukan asalkan proses perekamannya dimulai sejak ponsel belum dimasukkan ke air.

Layar Xperia ZR juga tak bisa dinavigasi saat berada di air. Namun, perangkat ini dibekali tombol shutter fisik di sudut bawah bagian kanan. Jika ingin memotret atau merekam video di  air, pengguna cukup tekan tombol tersebut.

Xperia ZR mengusung desain layar yang sedikit lebih kecil dibandingkan Xperia Z. Apabila Xperia Z memiliki layar sebesar 5 inci, Xperia ZR hadir dengan bentang layar 4,6 inci.

Dikutip dari Engadget, layar tersebut memakai teknologi Mobile Bravia Engine yang diklaim mampu menghadirkan warna yang tajam dan terang. Teknologi ini biasa dipakai pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari segi spesifikasi, Xperia ZR hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro 1,5GHz quad-core yang dikombinasikan dengan RAM 2GB dan memori internal 8GB. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Perangkat ini memiliki kamera belakang dengan sensor gambar Exmor RS mobile yang cukup besar, yaitu 13 megapiksel. Selain itu, Xperia ZR sudah mendukung koneksi jaringan 4G LTE dan juga cip NFC.

Sony Xperia ZR mulai dipasarkan pada kuartal 2 tahun 2013. Sayangnya, Sony belum menginformasikan harga dari produk ini.  

Sony Mobile
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.