BBM Video pun Jalan di Mobil

Kompas.com - 14/05/2013, 21:37 WIB
EditorReza Wahyudi

ORLANDO, KOMPAS.com - BlackBerry tak hanya merencanakan platform BlackBerry 10 untuk gadget saja. Dalam gelaran BlackBerry Live 2013, mereka memamerkan BlackBerry 10 untuk di mobil.

Sebuah perangkat dashboard pintar berbasis BlackBerry 10 dipamerkan di atas sebuah mobil mewah Bentley. Mark Rigley, Manager, Concept Development Group, BlackBerry QNX, mengendarai mobil itu ke atas panggung di Marriot World Center, Orlando, AS, Selasa (14/5/2013).

Rigley mengatakan, dashboard pintar itu bisa menampilkan informasi yang dibutuhkan pengendara. Termasuk peta, arah jalan, dan informasi cuaca.

Nah, yang menarik, perangkat itu juga bisa terhubung dengan BlackBerry Messenger untuk menjalankan komunikasi video (BBM Video). Demo BBM Video pun dilakukan di panggung BlackBerry Live 2013. Vivek Bhardwaj, yang ada di luar ruangan, tersambung lewat BBM Video dari perangkat smartphone BlackBerry 10-nya.

CEO BlackBerry, Thorsten Heins, mengatakan ini adalah pertama kalinya komunikasi video dilakukan dari sebuah mobil ke smartphone.

"Tapi, bagaimana dengan aspek keamanannya?" tanya Heins.

"Ya, tentu kami memahami soal keamanan berkendara ini. Peranti lunaknya sudah cukup pintar untuk mendeteksi perubahan konteks, apabila kendaraan bergerak, maka komunikasi video dialihkan menjadi hanya suara," tukas Rigley.

Smart dashboard berbasis BlackBerry 10 itu bisa terhubung ke perangkat smartphone BB10. Rigley mencontohkan, manajemen update untuk peta di dashboard pun bisa dilakukan dari smartphone.

Memang, sejauh ini apa yang dipamerkan BlackBerry itu baru bukti konsep dan belum hadir pada kendaraaan komersial apapun. Namun, perusahaan mobil seperti Mercedes-Benz sudah menggunakan platform BlackBerry QNX di kendaraan mereka. Misalnya untuk sistem hiburan.

Heins pun menyampaikan visinya bahwa BlackBerry 10 bisa jadi platform untuk perangkat mobile apapun, termasuk untuk kendaraan bermotor.

 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X