Google Sediakan 15GB untuk Gmail, Drive, dan Plus

Kompas.com - 15/05/2013, 10:45 WIB
EditorReza Wahyudi

Layanan media penyimpanan data di awan Google Drive

KOMPAS.com — Google menggabungkan media penyimpanan data di awan untuk layanan GMail, Drive, dan Google+. Mulai Senin (12/5/2013), ketiga layanan itu diberi ruang penyimpanan data yang lebih besar, yakni 15GB secara gratis.

Director of Product Management Google Clay Bavo mengatakan, integrasi antar-layanan Google ini memberi pengalaman yang lebih simpel kepada pengguna yang hendak berbagi atau mengirim data. Dengan cara ini pengguna merasa tidak dibatasi soal ruang penyimpanan pada satu layanan.

"Hidup jadi sedikit lebih mudah ketika produk Google bekerja sama dengan baik. Memasukkan data dari Drive ke email atau berbagi foto dari Drive ke Google+," kata Bavo dalam publikasi di blog resmi perusahaan.

Sebelumnya, Google membatasi ruang penyimpanan 10GB gratis untuk GMail, dan 5GB untuk Google+ dan Drive. Pengguna dipersilakan memperluas media penyimpanan data dengan cara berlangganan, dan tentu saja dikenakan biaya.

Kompetitor Google memberi ruang penyimpanan data gratis yang beragam. Apple iCloud, Amazon Cloud Storage, dan SugarSync menawarkan ruang 5GB secara gratis. Dropbox menawarkan gratis 2GB, sementara Microsoft SkyDrive menawarkan ruang penyimpanan gratis paling besar, yakni 7GB.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X