Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna dan Pembuat Aplikasi Android Bisa "Ngobrol"

Kompas.com - 15/05/2013, 15:52 WIB

Google

KOMPAS.com - Google coba mendekatkan hubungan antara pengembang aplikasi Android dengan pengguna aplikasi. Pengembang sekarang bisa merespon ulasan atau komplain pengguna yang mengomentari aplikasinya di Google Play Store.

Percakapan antara kedua belah pihak ini bisa menjadi jembatan agar pengembang menghasilkan aplikasi yang lebih baik. Hal ini akan mendorong terciptanya banyak aplikasi yang lebih baik pula untuk ekosistem Android.

Ulasan buruk tentang aplikasi berpotensi menjatuhkan reputasi aplikasi yang telah dibuat pengembang. Karena itulah, Google memberi kesempatan kepada pengembang untuk merespon ulasan pengguna. Sekiranya, pengembang bisa dengan bijaksana memberi trik agar aplikasinya berjalan baik di perangkat pengguna.

Dijelaskan oleh Google, pengguna akan menerima notifikasi email ketika ulasan atau keluhannya terhadap sebuah aplikasi dijawab oleh pengembang. Pengguna bisa membalas email tersebut dan jika berkenan, pengguna bisa memperbarui ulasannya di Play Store. Namun, pengguna tidak diwajibkan memperbarui ulasan yang telah mereka buat di Play Store.

Sebelumnya, pengembang hanya menjalin interaksi terpisah dan tidak dilakukan di toko aplikasi Google Play Store. Pengembang meminta pengguna untuk melaporkan bug yang ada atau sekadar meminta saran dalam rangka pengembangan produk dan fitur baru, langsung dengan mengirim email.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com