Ini Dia Tampilan Baru Google Maps

Kompas.com - 16/05/2013, 10:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Google memperkenalkan perubahan besar untuk layanan peta populer Google Maps dalam konferensi developer I/O di San Francisco, AS, Rabu (15/5/2013).

Perubahan "terbesar sejak Google Maps diluncurkan delapan tahun lalu" itu mencakup interface utama yang kini menampilkan peta besar, memenuhi layar dalam jendela browser.

Di pojok kiri atas terdapat sebuah kolom pencarian, sementara seluruh wilayah peta berbasis vektor tersebut sekarang bersifat interaktif.

Menge-klik kursor pada bagian mana pun dalam peta akan mengarahkan pandangan ke area tersebut dan memunculkan keterangan-keterangan, seperti tempat menarik di sekitar lokasi atau cara terbaik untuk pergi ke sana.

Ketika pengguna menge-klik satu lokasi, misalnya restoran, Google Maps akan mengubah tampilan peta untuk menampilkan lokasi-lokasi lain yang berkaitan, seperti misalnya restoran-restoran lain atau supermarket.

Versi baru dari Google Maps ini juga disebut mampu mempelajari kebiasaan pengguna untuk memberikan highlight informasi yang relevan. Semakin sering pengguna berinteraksi dengan Maps, informasi yang disajikan akan semakin sesuai dengan kebutuhan.

Hal baru lainnya yang ditawarkan Google lewat Maps versi baru adalah integrasi layanan review lokasi Zagat, Google Earth, dan Streetview yang tercakup dalam interaksi peta.

Cukup klik suatu tempat, maka pilihan menjelajahi dengan Streetview akan langsung disajikan, apabila ada. Saat ini Google Maps versi terbaru hanya tersedia untuk pengguna desktop browser yang mengajukan permintaan akses preview pada Google.

Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada sebuah posting blog Google Maps dan video singkat di bawah ini.

 

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X