Kompas.com - 16/05/2013, 11:14 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah persaingan bisnis industri e-commerce Indonesia yang menghangat, hadir satu situs jual beli online terbaru. Situs Jogglo.com secara resmi diperkenalkan ke publik dengan tawaran unik dibandingkan situs serupa lainnya.

Menurut pendiri Jogglo, Widodo Darojatun, konsep dasar Jogglo adalah pasar online (marketplace). "Seperti halnya pasar, siapa pun dapat membuka toko dan berdagang di Jogglo. Barang-barang yang bisa dijual di Jogglo beragam, mulai dari perlengkapan bayi, pakaian, buku, hingga perlengkapan rumah tangga," kata Widodo di Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Jogglo diperkenalkan ke publik per 15 Mei 2013. Beda dengan situs sejenis lain, Jogglo menampilkan tombol "jualkan" di tampilan produk. Tombol ini akan mempermudah masyarakat untuk menjualkan barang dagangan yang ada di Jogglo, tinggal click & share. Tentunya, ada bagi hasil khusus untuk transaksi yang berhasil diperoleh dari proses men-"jualkan" ini.

"Bagi hasilnya pun cukup besar, yaitu lebih dari 30 persen omset Jogglo. Jadi, kalau lihat produk tapi belum mau beli, ya 'jualkan' saja. Anggap saja ini belanja sambil nabung," kata Widodo.

Untuk memudahkan transaksi, Jogglo juga mengintegrasikan banyak hal, mulai dari pembayaran, tarif kirim, hingga media sosial. Untuk pembelian, pembeli akan diminta untuk mentrasfer uangnya ke rekening yang dikelola Jogglo yang kemudian akan ditransfer ke penjual setelah barang dikirim. Cara ini akan mengamankan uang pembeli sekaligus tidak merepotkan penjual untuk dalam memeriksa rekening bank.

Untuk tarif kirim, sementara Jogglo menyediakan 270 ribu tarif kirim, meliputi 49 kota asal dan 5.600 kota tujuan. Jadi, setiap barang yang dibeli dan tidak gratis ongkos kirim, Jogglo akan memunculkan tarif secara otomatis. Sedangkan integrasi ke sosial media, Jogglo menyediakan SocialPush.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X