Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Jual-Beli Online Jogglo.com Diluncurkan

Kompas.com - 16/05/2013, 11:14 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah persaingan bisnis industri e-commerce Indonesia yang menghangat, hadir satu situs jual beli online terbaru. Situs Jogglo.com secara resmi diperkenalkan ke publik dengan tawaran unik dibandingkan situs serupa lainnya.

Menurut pendiri Jogglo, Widodo Darojatun, konsep dasar Jogglo adalah pasar online (marketplace). "Seperti halnya pasar, siapa pun dapat membuka toko dan berdagang di Jogglo. Barang-barang yang bisa dijual di Jogglo beragam, mulai dari perlengkapan bayi, pakaian, buku, hingga perlengkapan rumah tangga," kata Widodo di Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Jogglo diperkenalkan ke publik per 15 Mei 2013. Beda dengan situs sejenis lain, Jogglo menampilkan tombol "jualkan" di tampilan produk. Tombol ini akan mempermudah masyarakat untuk menjualkan barang dagangan yang ada di Jogglo, tinggal click & share. Tentunya, ada bagi hasil khusus untuk transaksi yang berhasil diperoleh dari proses men-"jualkan" ini.

"Bagi hasilnya pun cukup besar, yaitu lebih dari 30 persen omset Jogglo. Jadi, kalau lihat produk tapi belum mau beli, ya 'jualkan' saja. Anggap saja ini belanja sambil nabung," kata Widodo.

Untuk memudahkan transaksi, Jogglo juga mengintegrasikan banyak hal, mulai dari pembayaran, tarif kirim, hingga media sosial. Untuk pembelian, pembeli akan diminta untuk mentrasfer uangnya ke rekening yang dikelola Jogglo yang kemudian akan ditransfer ke penjual setelah barang dikirim. Cara ini akan mengamankan uang pembeli sekaligus tidak merepotkan penjual untuk dalam memeriksa rekening bank.

Untuk tarif kirim, sementara Jogglo menyediakan 270 ribu tarif kirim, meliputi 49 kota asal dan 5.600 kota tujuan. Jadi, setiap barang yang dibeli dan tidak gratis ongkos kirim, Jogglo akan memunculkan tarif secara otomatis. Sedangkan integrasi ke sosial media, Jogglo menyediakan SocialPush.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com