"Panco dan Gulat" demi Aplikasi BlackBerry 10

Kompas.com - 16/05/2013, 12:42 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

ORLANDO, KOMPAS.com - Sebagai sebuah platform, BlackBerry 10 membutuhkan kehadiran aplikasi pihak ketiga. Namun, beberapa aplikasi populer yang berpotensi menggaet pengguna, masih belum ada di sana.

Salah satu yang paling banyak dibicarakan tentunya adalah Instagram. Alec Saunders, VP Developer Relation, BlackBerry, telah banyak menerima pertanyaan soal kapan Instagram hadir di BB10.

Dalam sebuah sesi panel, Alec kembali ditanyai soal kehadiran aplikasi populer di BB10 dan apa saja yang sudah dilakukan BlackBerry untuk mengupayakannya.

"Kami sudah melakukan segala cara, bahkan sampai adu panco dan full nelson (gerakan memiting dalam gulat-red)," ujarnya dengan penuh canda.

Mungkin saja Saunders hanya bercanda. Namun ucapannya itu mengindikasikan betapa pentingnya aplikasi pihak ketiga di BB10.

Namun, Saunders menambahkan dengan lebih serius, saat ini katalog aplikasi BB10 sudah cukup lengkap. Dikatakannya, ada sekitar 120.000 aplikasi di BB10.

"Ya, ada beberapa nama besar, yang Anda sudah tahu, yang belum ada di platform ini. Tapi jika pun tidak ada, Anda kemungkinan besar bisa menemukan aplikasi penggantinya," ujar Saunders.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini BlackBerry terbilang rajin menggelar kegiatan untuk pengembang aplikasi (developer). Termasuk, BlackBerry Jam America 2013 yang digelar bersamaan dengan BlackBerry Live 2013.

Selain itu, BlackBerry juga sempat menggelar Port-a-thon, sebuah gelaran yang dimaksudkan untuk mengajak pengembang melakukan porting aplikasi mereka di platform lain ke BB10.

Director, Application Platform & Tools Product Management BlackBerry, Tim Neil, mengatakan banyak pengembang yang melakukan porting kemudian tertarik untuk mengembangkan versi native.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.