4 Jawara Wakili Indonesia di MTV-Lenovo

Kompas.com - 16/05/2013, 14:52 WIB
EditorReza Wahyudi

oik yusuf/ kompas.com Marketing Manager PT Lenovo Indonesia Francisca Maya (tengah) diapit musisi Edward Fernandez (kanan) dan sutradara Renny Fernandez dalam acara peluncuran Lenovo-MTV CO:LAB di Jakarta, Kamis (14/3/2013)

KOMPAS.com - Lenovo dan MTV akhirnya merilis nama juara kompetisi CO: Lab untuk wilayah Indonesia. Nama keempat pemenang kompetisi tersebut adalah Fahmy Arsyad Said, Adhika Prastomo, Zefanya Dolorosa, dan Rahmat Tri Basuki.

Keempatnya merupakan pemenang dalam empat kategori, yaitu DJ, Vokalis/instrumentalis, Pembuat Film, dan Seniman Motion Graphic.

Karya pemenang kategori Vokalis/Instrumentalis, Fahmy Arsyad Said, merupakan gabungan antara nyanyian dan ritmis yang merupakan bentuk ekspresi dari denyut Kota Palu. Karya ini juga menggabungkan unsur musik modern dan tradisional.

Karya dengan kategori DJ dari Adhika Prastomo memadukan berbagai genre musik, mulai dari trap, dubstep, hingga etnik tradisional. Karya ini juga memadukan 3 instrumen tradisional, Saluang dari Minangkabau, Gamelan dari Jawa, dan angklung dari Sunda.

Dalam karya dengan kategori Pembuat Film, Zefanya Dolorosa membayangkan kota Surabaya dengan langit yang biru, lalu lintas yang sepi, suasana yang tidak terburu-buru, dan jalan-jalan yang kosong sehingga orang bisa berjalan-jalan dengan damai.

Sementara karya dengan kategori Motion Graphic dari Rahmat Tri Basuki berbicara tentang warisan budaya Yogyakarta yang kaya seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur, Kraton, angkutan tradisional becak, andong, dan sepeda Onthl. Semuanya itu dibungkus dengan musik tradisional sebagai latar belakang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap karya yang dipilih ditentukan berdasarkan voting publik yang berlangsung dari 1 hingga 9 Mei 2013 dan juga berdasarkan penilaian dari mentor lokal. Mentor lokal Lenovo MTV CO: Lab adalah DJ Andezzz dan Renny Fernandez. Mereka menilai setiap karya berdasarkan kreativitas dan orisinalitas (35 persen), kerajinan dan keterampilan (35 persen), relevansi dengan tema (20 persen), dan faktor WOW (10 persen).

Keempat pemenang dari Indonesia akan bergabung dengan 28 pemenang secara total di tujuh negara yang berpartisipasi dalam Lenovo-MTV CO:LAB - India, Jepang, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand - diantaranya hanya empat pemenang yang akan dipilih sebagai juara regional.

Empat juara regional final akan diumumkan pada tanggal 17 Mei, di mana mentor regional termasuk desainer kontemporer dan pembuat berbagai karya seni, Phunk dan DJ internasional ternama, Brendon P (DJ Dispensary) dan Matty Wainwright (DJ Dispensary), akan memilih salah satu pemenang proyek Lenovo-MTV dari setiap kategori kreatif.

Empat juara final di tingkat regional masing-masing akan mendapat hadiah US$ 10.000 dan perjalanan ke Singapura untuk ikut serta dalam workshop lima hari. Dalam enam minggu menjelang workshop, para mentor regional akan melatih dan berkolaborasi dengan para pemenang untuk mulai bekerja untuk menciptakan video musik eksklusif MTV dengan tema 'Pulse of the World'.

Selama workshop itu sendiri, para mentor akan bekerja sama dengan para pemenang, memberikan bimbingan pada aspek yang lebih halus dari produksi saat mereka menyelesaikan video musik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X