Kompas.com - 16/05/2013, 17:58 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

ORLANDO, KOMPAS.com - BlackBerry akhirnya merilis ponsel bersistem operasi BlackBerry 10 yang dibebanderol dengan harga murah dan diposisikan untuk pasar berkembang. Ponsel itu diberi nama BlackBerry Q5.

Di sela acara BlackBerry Live 2013 yang berlangsung di Orlando, Amerika Serikat, pada 14 sampai 16 Mei lalu, wartawan KompasTekno Wicak Hidayat memanfaatkan waktu singkatnya untuk menjajal Q5.

Kesan pertama saat menggenggam Q5, memang terasa bahwa ini bukanlah ponsel kelas premium karena diselimuti dengan materi plastik. Tetapi ia bisa masuk daftar pilihan bagi Anda yang membutuhkan ponsel dengan papan ketik fisik format QWERTY.

Q5 tidak lagi dibekali trackpad. Ukuran layar 3,1 inci dan resolusinya 720 x 720 pixel setara dengan BlackBerry Q10. Untuk melakukan navigasi, layar Q5 mendukung sentuhan jari dengan respon yang cukup peka.

Q5handson08

Performa Q5 ditopang oleh prosesor dual-core 1,2 GHz, RAM 2GB, memori internal 8GB yang dapat diperluas dengan tambahan kartu memori eksternal MicroSD.

Q5handson16

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamera utamanya menggunakan sensor 5MP dengan lampu kilat LED, dan sensor 2MP untuk kamera depan. Sementara itu, daya hidup ponsel ini ditopang oleh baterai berkapasitas 2.100mAh.

Q5handson15

Tombol-tombol pada papan ketik fisik dibuat terpisah, berbeda dengan Q10 yang tombol-tombolnya didesain rapat. Papan ketik pada Q5 ini bakal mengingatkan Anda pada ponsel BlackBerry lawas dengan kode nama Gemini. Ia cukup nyaman ketika dipakai mengetik cepat.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.