Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Jadi "Juara" di Indonesia

Kompas.com - 17/05/2013, 10:47 WIB

ibtimes.co.uk

KOMPAS.com — Popularitas Android terus meningkat pesat. Secara global, laporan kuartal pertama 2013 dari lembaga riset Gartner menunjukkan bahwa smartphone Android memiliki pangsa pasar 74,4 persen, jauh di atas iOS yang duduk di urutan kedua dengan 18,2 persen.

Laporan serupa dari GFK menyebutkan bahwa smartphone dengan sistem operasi besutan Google ini telah mendominasi pasaran ponsel pintar di Indonesia yang merupakan market terbesar di Asia Tenggara dengan penguasaan pasar 51 persen.

Dari sekitar 4,5 juta smartphone yang terjual di Indonesia dalam periode Januari-Maret 2013, sebanyak 2,285 juta di antaranya menggunakan sistem operasi Android.

Di negara-negara tetangga seperi Malaysia, Thailand, dan Vietnam; pangsa pasar Android mencapai lebih dari 60 persen. 

Gartner

Secara rata-rata smartphone Android memiliki pangsa pasar sekitar 69 persen di semua wilayah Asia Tenggara.

Samsung menempati urutan teratas di antara produsen smartphone Android lain dalam hal penjualan, menurut estimasi dari Gartner. Sebanyak 31 persen dari keseluruhan smartphone yang terjual sepanjang kuartal pertama 2013 berasal dari vendor asal Korea ini.

Bagaimana dengan Windows Phone dan BlackBerry (sebelumnya bernama Research in Motion)? Data Gartner menunjukkan bahwa BlackBerry memiliki pangsa global sebesar 3 persen atau turun dari 6,8 persen pada kuartal pertama tahun sebelumnya. Sementara itu, pangsa ponsel pintar Windows Phone tumbuh 1 persen dari 1,9 persen menjadi 2,9 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com