Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobosan Google untuk Mengubah Dunia

Kompas.com - 17/05/2013, 13:21 WIB

 

Oleh: Yansen Kamto*

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Pembukaan Google I/O 2013 yang berlangsung pada 15 Mei 2013 kemarin berlangsung sangat heboh sejak pagi hari di Moscone Center, San Francisco. Tidak kurang dari 6.000 peserta yang terdiri dari developer, partner, dan Google fanboy dari seluruh dunia rela mengantre sejak pagi di hawa berkisar 12 derajat Celsius.

Sesi keynote pagi itu begitu ditunggu karena banyak petinggi-petinggi Google yang akan mempresentasikan berbagai teknologi dan produk terbaru mereka.

foto 1

foto 2

Begitu pintu dibuka, sebagian besar peserta memilih untuk langsung mengantre masuk ke ruangan utama konferensi. Sebagian sisanya—termasuk saya—memilih untuk sarapan terlebih dahulu. Di kafetaria, saya sempat berkenalan dengan salah seorang peserta. Beliau adalah Head of Information Technology dari Yale University, penggemar berat Google yang juga mengikuti program Glass Foundry.

Ia memberi tahu saya bahwa teknologi NFC di badge peserta itu bisa digunakan untuk menambahkan teman di Google+, cukup dengan menempelkan telepon genggam yang terkoneksi NFC ke badge teman yang dikehendaki.

Tidak terasa waktu berlalu karena keasyikan mengobrol. Sarapan pun saya sudahi karena waktu sudah menunjukkan pukul 08.30. Sesi keynote yang akan dimulai dalam waktu setengah jam membuat saya sempat tidak yakin bisa masuk karena melihat panjangnya antrean yang tidak berkurang sama sekali. Beruntung saya berhasil masuk ke ruangan utama konferensi dalam waktu 10 menit, dan bahkan mendapatkan tempat duduk yang hanya berjarak 20 meter dari panggung utama.

foto 3

Sesi keynote dibuka oleh Vic Gundotra, SVP Engineering, yang kemudian dilanjutkan oleh Sundar Pichai, Hugo Barra, serta para rockstar Googler lainnya yang bergantian menjelaskan berbagai fitur baru di teknologi dan platform yang mereka miliki, seperti Google+, Android, Google Play, Search, Chrome, dan Maps.

foto 4

Salah satu poin yang menarik untuk disimak adalah perkembangan dominasi perangkat Android yang telah mencapai 900 juta aktivasi di seluruh dunia serta penambahan 41 fitur baru di Google+. Kedua fenomena ini menarik untuk dicermati karena akan banyak berdampak di pasar Indonesia.

Sesi paling menarik menurut saya adalah sesi terakhir dari Larry Page, CEO Google. Ia merangkum keseluruhan sesi keynote pagi hari itu dengan sangat baik, dengan memaparkan visi dan misi Google ke depan untuk selalu mendorong perubahan ke arah yang lebih baik. Menurut Larry, kita seharusnya menciptakan hal-hal besar yang belum pernah ada sebelumnya.

foto 5

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com