Kompas.com - 17/05/2013, 13:21 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

 

Oleh: Yansen Kamto*

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Pembukaan Google I/O 2013 yang berlangsung pada 15 Mei 2013 kemarin berlangsung sangat heboh sejak pagi hari di Moscone Center, San Francisco. Tidak kurang dari 6.000 peserta yang terdiri dari developer, partner, dan Google fanboy dari seluruh dunia rela mengantre sejak pagi di hawa berkisar 12 derajat Celsius.

Sesi keynote pagi itu begitu ditunggu karena banyak petinggi-petinggi Google yang akan mempresentasikan berbagai teknologi dan produk terbaru mereka.

foto 1

foto 2

Begitu pintu dibuka, sebagian besar peserta memilih untuk langsung mengantre masuk ke ruangan utama konferensi. Sebagian sisanya—termasuk saya—memilih untuk sarapan terlebih dahulu. Di kafetaria, saya sempat berkenalan dengan salah seorang peserta. Beliau adalah Head of Information Technology dari Yale University, penggemar berat Google yang juga mengikuti program Glass Foundry.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia memberi tahu saya bahwa teknologi NFC di badge peserta itu bisa digunakan untuk menambahkan teman di Google+, cukup dengan menempelkan telepon genggam yang terkoneksi NFC ke badge teman yang dikehendaki.

Tidak terasa waktu berlalu karena keasyikan mengobrol. Sarapan pun saya sudahi karena waktu sudah menunjukkan pukul 08.30. Sesi keynote yang akan dimulai dalam waktu setengah jam membuat saya sempat tidak yakin bisa masuk karena melihat panjangnya antrean yang tidak berkurang sama sekali. Beruntung saya berhasil masuk ke ruangan utama konferensi dalam waktu 10 menit, dan bahkan mendapatkan tempat duduk yang hanya berjarak 20 meter dari panggung utama.

foto 3

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.