Kompas.com - 17/05/2013, 14:09 WIB
EditorReza Wahyudi

Tabita Diela/Kompas.com Mengetik pesan singkat di ponsel

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga operator seluler besar di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata, bekerja sama membuat layanan Pengiriman Uang Elektronik Lintas Operator atau E-money Interoperability (P2P Transfer), Rabu (15/5/2013).

Layanan ini diluncurkan oleh direktur utama tiga operator, yaitu Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga, Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi, dan Direktur Utama Indosat Alexander Rusli, serta disaksikan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, serta Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro.

Dengan adanya pengiriman uang elektronik lintas operator, semua pelanggan tiga operator seluler ini, yang totalnya mencapai 230 juta pelanggan, dapat melakukan transaksi pengiriman uang. Contohnya, pelanggan TCASH (Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) ataupun ke pelanggan Dompetku (Indosat), begitupun sebaliknya.

Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga berharap, layanan uang elektronik ini bisa menjadi salah satu solusi pembayaran digital masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kolaborasi ini bertujuan mengembangkan dan memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia dengan meningkatkan percepatan layanan uang elektronik, menambah jalur distribusi, meningkatkan trafik SMS secara eksponensial, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketiga operator dalam mengembangkan layanan pengiriman uang elektronik.

Selain itu, kolaborasi ketiga operator ini juga mendukung program less cash society yang digalang Bank Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ke depan, diharapkan semakin banyak operator seluler dan bank yang mengikuti jejak untuk berinovasi sehingga inovasi tersebut dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara luas, dan tidak saja memberi nilai tambah bagi kemajuan industri sistem pembayaran dan perbankan, tetapi mendukung perekonomian dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia," ujar Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution.

Untuk mengetahui cara mengirim uang lewat SMS, silakan baca tautan ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.