Kompas.com - 18/05/2013, 13:27 WIB
EditorReza Wahyudi

BlackBerry BlackBerry Messenger (BBM) akan tersedia di Android dan iOS

KOMPAS.com — Sistem operasi mobile iOS akan kedatangan layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) pada Juli 2013 mendatang. Yang menjadi salah satu pertanyaan besarnya adalah apakah semua perangkat berbasis iOS akan kebagian aplikasi ini?

Sekadar informasi, sistem operasi iOS tidak hanya hadir di perangkat iPhone. Produk-produk seperti iPad dan multimedia player iPod Touch juga dipersenjatai dengan sistem operasi ini.

Dalam sebuah wawancara dengan TrustedReviews, Rabu (15/5/2013), pimpinan divisi Software Portfolio BlackBerry, Vivek Bhardwaj, mengungkapkan bahwa aplikasi BBM hanya akan hadir di iPhone. Artinya, iPad tidak akan kebagian aplikasi BBM.

Untuk periode awal ini, Vivek menjelaskan, BlackBerry hanya ingin berfokus ke perangkat smartphone.

Selain di perangkat iOS, BBM rencananya juga akan hadir di perangkat Android. Nah, dengan pernyataan Vivek mengenai fokus di dunia smartphone, perangkat tablet berbasis Android pun kemungkinan besar tidak akan kebagian aplikasi BBM. Beberapa contoh tablet Android adalah Nexus 7 dan Samsung Galaxy Tab.

"Smartphone adalah fokus nyata kami. Jika Anda melihat BBM dan pendekatan dan aktivitasnya, ini terjadi karena mobile karena orang terus bergerak," kata Vivek.

Meskipun begitu, Vivek meminta para pengguna tablet untuk sedikit bersabar. Kemungkinan kehadiran aplikasi BBM di tablet masih ada di masa yang akan datang.

Salah satu alasan mengapa BlackBerry masih belum mau menghadirkan BBM di tablet adalah masalah tren. Saat ini, tablet memang masih belum banyak digunakan untuk berkirim pesan instan.

"Saat Anda mulai melihat tablet, komputer, dan layar lainnya, model penggunaan dan tingkah laku berubah. Untuk kami saat ini, fokus absolut adalah kami adalah membawa BBM ke smartphone," ujar Vivek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.